Apa itu TKD dan Core Value BUMN? Pelajari Selengkapnya Disini!

TKD dan Core Value BUMN

Hampir setiap tahun BUMN membuka rekrutmen bersama, Tes online tahap 1 berupa Tes Kemampuan Dasar atau TKD dan Core Value BUMN (AKHLAK) merupakan proses yang harus dilalui peserta sebelum bisa melanjutkan ke tes online tahap 2 yaitu tes Bahasa Inggris. 

Untuk menghadapi tes TKD dan Core Value, sebaiknya peserta mengetahui mengenai kisi-kisi yang mungkin keluar di saat tes berlangsung. Namun, sebelum mempelajari contoh soalnya, alangkah lebih baik untuk mengetahui dulu apa itu yang dimaksud dengan TKD an Core Value BUMN.

Apa itu Tes Kemampuan Dasar (TKD) BUMN

Tes kemampuan dasar dalam rekrutmen BUMN terdiri dari beberapa model soal, yang pertama adalah Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi. Pelajari selengkapnya dalam poin-poin di bawah ini!

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes wawasan kebangsaan dalam rekrutmen BUMN biasanya digunakan untuk mengukur pengetahuan peserta tentang pemahaman nilai-nilai kebangsaan Indonesia. Tes ini biasanya memuat soal-soal tentang Undang-Undang dasar Negara republik Indonesia, Pancasila, Sistem Pemerintahan, Sistem Tata Negara, dan lain sebagainya. 

Tes Intelegensi Umum (TIU)

Tes intelegensi umum biasanya memuat soal-soal yang berhubungan dengan kompetensi pelamar kerja di bidang akademik berupa analisis verbal, logika, dan numerik. Soal-soal yang akan muncul berupa pertanyaan seputar pemahaman akan sebuah narasi dalam bacaan, perhitungan, kemampuan berpikir logis, penalaran, serta kemampuan berpikir analitis ketika memecahkan sebuah masalah yang dihadapi. 

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Dalam tes karakteristik pribadi yang adakan dalam rekrutmen bersama BUMN, peserta akan menemukan soal-soal yang terdiri dari skenario ketika peserta menghadapi sebuah kondisi yang menyangkut masalah integritas, kreativitas, pelayanan, semangat berprestasi, kemampuan adaptasi, kemandirian, kerja sama, koordinasi, pengendalian diri, dan lain sebagainya. 

Artikel Terkait  Kisah Inspiratif Korban PHK. Ketahui Yuk!

Apa itu Core Value BUMN (Tes AKHLAK)

Tes Core Value dalam rekrutmen BUMN ini terdiri dari enam nilai yang wajib dimiliki oleh semua pegawai BUMN, yang terdiri dari sikap amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. 

  • Amanah

Amanah merupakan nilai utama yang harus dimiliki oleh SDM BUMN, yaitu bisa memegang teguh kepercayaan yang diberikan. Yang direpresentasikan dengan memenuhi janji dan komitmen, bisa memikul tanggung jawab atas tugas, keputusan, serta tindakan yang dilakukan, dan selalu berpegang teguh pada nilai moral dan etika. 

  • Kompeten

Kompeten artinya memiliki keinginan untuk terus belajar dan mengembangkan kapabilitas diri, yang dituangkan dalam meningkatkan kompetensi diri, membantu orang lain belajar, serta bisa menyelesaikan berbagai tugas yang diberikan dengan kualitas terbaik. 

  • Harmonis

Harmonis adalah sikap dasar yang harus dimiliki oleh SDM BUMN, yaitu bisa saling peduli dan menghargai perbedaan yang ada. Dimana semua orang harus menghargai sesama tanpa melihat latar belakang, bersedia menolong orang lain, serta bisa membangun lingkungan kerja yang kondusif.

  • Loyal

Loyal merupakan nilai dasar yang bisa dituangkan dengan bersikap berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Memiliki komitmen yang tinggi, rela berkorban, dan berkontribusi aktif. 

  • Adaptif

Adaptif artinya, SDM BUMN harus terus berinovasi dan selalu antusias dalam menghadapi perubahan. Hal ini bisa dilakukan dengan sikap yang bisa menyesuaikan diri, aktif mempelajari perubahan dan perkembangan zaman, serta bertindak proaktif. 

  • Kolaboratif
Artikel Terkait  5 Inspirasi Outfit Hitam Putih untuk Pergi Ke Kantor

Terakhir adalah kolaboratif, yang artinya bisa membangun kerjasama yang sinergis. Sebagai sesama pegawai SDM harus memiliki sikap terbuka untuk kerjasama untuk menghasilkan nilai tambah dan kesuksesan bersama. 

Nah, itu dia informasi lengkap tentang Tes TKD dan Core Value BUMN. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat bagi para pencari kerja yang sedang mengikuti proses rekrutmen bersama BUMN.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *