Tips Membuat Catatan Wali Kelas di Raport

catatan wali kelas

Setiap mau kenaikan kelas atau semester, pasti ada saja yang namnya pengambilan raport. Hal ini, paling ditunggu oleh murid maupun wali muridnya, untuk melihat nilai rapor dan catatan dari wali murid.

Wali kelas, dalam memberikan catatan siswa, harus sesuai dengan apa yang ia lakukan, kemudian ada teknik-teknik tertentu, atau kata-kata yang biasa ditulis secara formal atau global. Jadi, tidak asal-asalan. Bisa berisikan ucapan selamat, maupun motivasi, dan masukan bagi siswa kepada orang tuanya.

Merupakan Salah Satu Tugas Penting Wali Kelas

Ternyata, memberikan catatan kepada siswa atau wali murid, sudah berlaku secara digital lewat e-rapor yang bisa diakses guru secara nasional. Pastinya, dengan adanya catatan dari wali kelas, bertujuan untuk memberikan dukungan positif bagi para peserta didik.

Catatan wali kelas ini, ditujukan untuk peserta didik yang tinggal atau naik kelas, bahkan di D.O. catatan wali kelas, disesuaikan dengan tingkah laku siswa, baik secara akademik maupun non-akademik. Jadi, semuanya dilihat.

Contoh Catatan Wali Kelas atau Guru Kelas

Berikut, adalah contoh catatan Wali Kelas, kepada siswanya, diantaranya:

1. Catatan Wali Kelas untuk Raport Paud atau TK

Fisik Motorik:

Ananda mulai berkembang menyebutkan nama anggota tubuh dan fungsinya, cara menjaga kesehatan sendiri, motorik halus, mau menggerakkan tangannya untuk menggenggam, meremas, menirukan orang berkumur, motorik kasar menggerakkan kaki, melompat, menendang, lari, dan menirukan gerakan binatang berjalan.

Agama dan Moral:

Ananda mulai berkembang untuk menyebut ciptaan Allah, mengucap syukur pada Allah, mau tamil di depan kelas, bertanggung jawab, sopan mengikuti kegiatan beribadah dengan tuntunan Guru.

2. Catatan Wali Kelas untuk Raport Kelulusan

Belajar adalah kunci kesuksesan, selalu optimis dan jangan mudah pesimis terutama dalam pengambilan keputusan supaya kamu selalu sukses dan berprestasi.

Semangat belajar, terus berkarya dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa di manapun dan di setiap kegiatan yang kamu lakukan.

3. Catatan Wali Kelas untuk Siswa yang Naik Kelas

Selamat untuk Angga, berkat ketekunan belajarmu satu semester terakhir kamu bisa naik kelas. Peningkatan hasil belajarmu tidak lepas dari usahamu yang sungguh-sungguh.

Selamat, kamu sudah memenuhi semua persyaratan untuk naik kelas dan dinyatakan naik kelas. Tingkat lagi semangat belajarmu di kelas berikutnya.

 

4. Catatan Wali Kelas untuk Siswa yang tidak Naik Kelas

Jangan bersedih, masa depanmu masih panjang. Buatlah kegagalan sebagai bahan evaluasi diri untuk melakukan yang lebih baik lagi di tahun ajaran berikutnya. Semoga kamu berhasil.

Kegagalan bukan suatu musibah yang harus diratapi, tapi harus menjadi cambuk bagi diri sendiri untuk berubah lebih baik, lebih tekun dan patuhi aturan sekolah. Tahun depan kamu pasti bisa.

5. Catatan Wali Kelas untuk Siswa yang Malas

Sheila sebenarnya adalah siswa yang cerdas. Hanya saja kecerdasan yang dimiliki kurang diasah dengan baik. Ingat ya, ketekunan akan selalu mengalahkan kepintaran

Kesuksesan tidak hanya diukur dari tinggi nilai rapor, tetapi sikap juga sangat berpengaruh. Latihlah dirimu menjadi siswa yang rajin dan tidak takut maju ke depan kelas.

6. Catatan Wali Kelas untuk Siswa yang Berprestasi

Pertahankan prestasi yang kamu miliki. Semangat terus dalam belajar dan meraih prestasi terbaik, tunjukkan sikap positif, dan tetap randah hati.

Ananda Zahid, pada semester ini kamu telah mengalami perubahan yang sangat baik, terutama dalam pengetahuan akademik, atas hal tersebut kamu layak menjadi juara kelas. Ibu harap kamu bisa mempertahankan prestasi tersebut.

Artikel Terkait  Manfaat Adanya Serikat Pekerja atau Buruh

7. Catatan Wali Kelas untuk Siswa yang Bermasalah

Reza, bersekolah tidak hanya sekedar mencari ilmu, menjaga sikap dan mentaati peraturan sekolah juga penting. Semoga di semester depan kamu bisa memperbaiki sikap dan mengurangi ketidakhadiran di kelas.

Dinda, kamu fokus saja dengan aktivitas di sekolah. Jangan jadikan masalah keluarga sebagai beban yang berat. Pihak sekolah akan terus membantu mencarikan solusi terbaik untuk masalahmu. Semangat ya ananda.

8. Catatan Wali Kelas, Mencakup Jenis Perundungan yang Terjadi

Andi, bertemanlah dengan semua orang tanpa harus membeda-bedakan. Apalagi kalau sampai menyebut kekurangan temanmu dihadapan teman lain. Selalu perlakukan temanmu dengan baik, kalau kamu ingin diperlakukan dengan baik juga oleh teman yang lain.

Ibu tahu kamu adalah anak yang paling kuat di kelas. Tapi bukan berarti kamu bisa bersikap seenaknya dengan dengan teman yang lain. Kekuatanmu bisa dipergunakan untuk melindungi atau membantu yang lain. Dengan begitu kamu akan disayangi oleh banyak teman.

9. Catatan Wali Kelas mengenai Kedisiplinan Siswa

Izza, jangan suka membolos lagi ya, semoga di semester berikutnya kamu bisa mengubah kebiasaan lamamu menjadi lebih baik dan mengejar ketinggalanmu

Ali, sebenarnya kamu anak yang cerdas, cobalah untuk lebih berkonsentrasi di kelas, agar kamu bisa memahami pelajaran yang disampaikan oleh bapak/ibu guru

10. Catatan Wali Kelas untuk Siswa yang akan Keluar atau Pindah Sekolah

Bagus sekali perkembanganmu selama di sekolah ini. Tingkatkan terus sikap dan semangat belajarmu di sekolah yang baru. Semoga kamu dapat meraih cita-cita yang diharapkan.

Jangan berkecil hati atas apa yang terjadi selama di sekolah ini. Tidak ada kata terlambat untuk berubah. Semoga kamu dapat menjadi siswa yang lebih lagi di sekolah barumu.

Artikel Terkait  Cara Klaim JMO dan Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan

 11. Catatan Wali Kelas Sikap Spiritual Dan Sosial

A. Sikap Spiritual

SANGAT BAIK:

Siswa memiliki sikap yang sangat baik dalam nilai religius meliputi beriman, bertaqwa, bersih, toleransi, dan cinta lingkungan.

BAIK:

Siswa memiliki sikap yang baik dalam nilai religious meliputi beriman, bertaqwa, bersih, toleransi, dan cinta lingkungan

CUKUP:

Siswa memiliki sikap yang cukup baik dalam nilai religious meliputi beriman, bertaqwa, bersih, toleransi, dan cinta lingkungan

KURANG:

Siswa memiliki sikap yang kurang dalam nilai religious meliputi beriman, bertaqwa, bersih, toleransi, dan cinta lingkungan

B. Sikap Sosial (Gotong Royong)

SANGAT BAIK:

Siswa memiliki sikap yang sangat baik dalam nilai gotong royong meliputi kerja sama, solidaritas, saling menolong, dan kekeluargaan

BAIK:

Siswa memiliki sikap yang baik dalam nilai gotong royong meliputi kerja sama, solidaritas, saling menolong, dan kekeluargaan

CUKUP:

Siswa memiliki sikap yang cukup baik dalam nilai gotong royong meliputi kerja sama, solidaritas, saling menolong, dan kekeluargaan

KURANG:

Siswa memiliki sikap yang kurang dalam nilai gotong royong meliputi kerja sama, solidaritas, saling menolong, dan kekeluargaan

C. Sikap Sosial (Mandiri)

SANGAT BAIK:

Siswa memiliki sikap yang sangat baik dalam nilai mandiri, meliputi kerja keras, kreatif, disiplin, berani, dan pembelajar dalam segala aspek mata pelajaran.

BAIK:

Siswa memiliki sikap yang baik dalam nilai mandiri, meliputi kerja keras, kreatif, disiplin, berani, dan pembelajar dalam segala aspek mata pelajaran.

CUKUP:

Siswa memiliki sikap yang cuku baik dalam nilai mandiri, meliputi kerja keras, kreatif, disiplin, berani, dan pembelajar dalam segala aspek mata pelajaran.

KURANG:

Siswa memiliki sikap yang kurang dalam nilai mandiri, meliputi kerja keras, kreatif, disiplin, berani, dan pembelajar dalam segala aspek mata pelajaran.

Itulah, penjelasan mengenai tips membuat catatan wali kelas untuk murid. Semoga bermanfaat.

 


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *