Terdapat Pilihan Kelas Kuliah untuk Karyawan yang Bisa Dicoba!

kelas kuliah karyawan

Karyawan, sekarang juga bisa berkuliah, dimana bisa dilakukan setelah atau sebelum kerja. Bagaimana tidak? sekarang karyawan bisa mengupgrade diri dengan menjadi mahasiswa di perkuliahan. Mulai dari S1, S2, semua tinggal pilih. Tinggal kita mau atau tidak.

Mulai dari universitas swasta sampai yang negeri, semua bisa dicoba tinggal memiliki kemampuan dan minat disitu atau tidak?

Tentang Kuliah Kelas Karyawan

Kuliah kelas karyawan, adalah salah satu program kuliah, yang mana diadakan di perguruan tinggi dan dirancang sesuai kebutuhan mahasiswa, yaitu bagi yang sambil bekerja. Kualitas dari proses pendidikan ini, sama seperti kualitas dan proses pendidikan pada hari biasa.

Setiap perkuliahaan diatur secara terstruktur (terjadwal) dengan tenaga pengajar terbaik yang sudah berpengalaman di bidangnya. Bedanya, jamnya lebih dipadatkan dan tidak se-full atau jam banyak di perkuliahan. Jadi seimbang, antara kerja dengan perkuliahan.

Perbedaan Kuliah Kelas Karyawan dengan Kelas Reguler

Nah, pasti ada perbedaan yah, tidak hanya dalam hal waktu, tapi hal lainnya juga. Setidaknya, pelaksanaan kuliah, dilakukan di luar jam kerja, hal ini agar tidak mengganggu pekerjaan dan tugas kuliah pastinya. Untuk kurikulum dan cara pengajarnya pun sama.

Kelebihan dari kelas karyawan daripada kelas reguler, adalah:

  1. Cukup sehari ke kampus, kemudian bisa fokus ke kerja lagi, karena itu untuk menghemat biaya transpirtasi dan yang lain.
  2. Biaya kuliah bisa dicicil secara bulanan, dimana kampus biasanya memberikan fasilitas cicilan per bulan, jadi lebih meringankan para mahasiswa.
  3. Terdapat beberapa mata kuliah yang diselenggarakan secara online, sehingga lebih memudahkan mahasiswa dalam kehadiran kuliah.
  4. Tidak ada batasan umur dalam mendaftar kelas karyawan, jadi berapapun umur mahasiswa selama itu produktif, dibolehkan untuk ikut kuliah.
  5. Dapat berinteraksi dengan teman kuliah dari berbagai profesi dan umur, jadi menambah wawasan dalam bersosialiasi dan ilmu lainnya.
  6. Materi kuliah disesuaikan dengan dunia kerja, sehingga mudah dipahami oleh mahasiswa dan tidak terlalu berat.
Artikel Terkait  Perbedaan White Collar dan Blue Collar. Apa Saja Itu?

Kurikulum Kelas Karyawan secara Spesifik

Dalam satu perguruan tinggi, tidak boleh dibedakan antara kurikulum kelas karyawan dengan kelas reguler, semua sama. Termasuk dari dosen atau tenaga pengajar juga sama. Masa studi mahasiswa S1, yaitu 8 semester (4 tahun), maksium 14 semester (7 tahun).

Untuk lulusan Diploma 3 yang melanjutkan ke S1, bisa diselesaikan dalam waktu 3 semester saja (1,5 tahun) jika program studi D3 dan S1-nya adalah sama. Jika program studi D3 berbeda dengan S1 yang diambil, maka bisa sampai 4 semester (2 tahun), tergantung kebijakan dari perguruan tinggi.

Secara Umum, Klasifikasi Masa Studi Kelas Karyawan

Secara umum, klasifikasi masa studi kelas karyawan, diantaranya:

1. Untuk lulusan D3/Politeknik/Akademi dan sederajat

  1. Masa studinya adalah 3-4 semester (1,5-2 tahun).
  2. Beban Studi (jumlah sks) ada 42-72 SKS.
  3. Jumlah SKS yang diakui/disetarakan, adalah 104-106 sks.

2. Lulusan SMU/SMK atau yang sederajat

  1. Masa studi 8-10 semester (4-5 tahun).
  2. Beban Studi (jumlah sks): 144-146 SKS.

Jurusan dalam Kelas Karyawan

Jurusan yang ada, dalam kelas karyawan sama dengan kelas reguler, dan program yang dibuka tidak semua sama setiap universitas, karena tergantung kebutuhan dan keunggulan dari universitas itu sendiri. Dan untuk jurusan atau program yang hits, biasanya ada di setiap universitas.

Contohnya, bisa kita lihat dalam Universitas Terbuka, perguruan tinggi negeri, tapi kualitas bagus dan program studi yang dihadirkan hampir sama dan lengkap dengan kelas reguler dalam perguruan tinggi ternama. Kebanyakan, dalam universitas kelas karyawan lebih ke program ekonomi.

Artikel Terkait  Pasangan juga Bekerja? Ini Tips Hitung Pajaknya!

Itulah, pilihan kelas kuliah karyawan, yang bisa dipilih untuk para pekerja aktif, sekaligus ingin menimpa ilmu!


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *