Perbedaan Internship dan Bekerja

Internship vs bekerja

Perbedaan internship dan bekerja bisa dilihat dari beberapa faktor, internship atau kegiatan magang biasanya memiliki fokus untuk mencari pengalaman dan pembelajaran, sedangkan bekerja melibatkan pemenuhan tugas, tanggung jawab, serta tujuan produktivitas dan penghasilan. 

Dalam ulasan berikut ini, akan dijelaskan perbedaan internship dan bekerja secara lebih jelas dan mendetail!

Status Pekerjaan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa tujuan utama internship adalah memberikan kesempatan kepada para pemagang untuk belajar dan mendapatkan pengalaman kerja di bidang tertentu, jadi status pemegang bukan merupakan pegawai serta tidak berorientasi kepada pendapatan.

Sedangkan bekerja memiliki tujuan utama untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan kesepakatan antara individu dan perusahaan pada awal perekrutan. Para pekerja memiliki tanggung jawab pekerjaan yang harus dilaksanakan serta wajib berkontribusi pada produktivitas perusahaan. 

Durasi

Lamanya waktu internship dan bekerja juga berbeda, durasi internship biasanya berlangsung dalam jangka waktu terbatas, misalnya dalam beberapa bulan saja atau bersifat partime (paruh waktu). Sedangkan bekerja durasinya cenderung lebih panjang daripada internship. Ada beberapa jenis durasi kerja, yaitu penuh waktu atau paruh waktu sesuai dengan perjanjian awal dengan perusahaan, namun jika dibandingkan dengan internship durasi waktu bekerja bisa lebih panjang karena diikat dengan perjanjian kerja yang sah. 

Kompensasi yang Didapatkan

Menjadi seorang internship memang tidak berorientasi pada penghasilan, para pemagang biasanya fokus untuk mendapatkan pengalaman kerja, oleh karena itu internship biasanya memberikan kompensasi yang terbilang cukup rendah bahkan tanpa diberikan upah sama sekali. Namun, beberapa perusahaan yang profesional tetap memberikan kompensasi bagi para internship yang cukup layak, misalnya untuk biaya transportasi dan konsumsi selama masa internship.

Sedangkan bekerja, perusahaan akan memberikan kompensasi finansial yang lebih stabil misalnya seperti gaji, tunjangan, jaminan kesehatan, jaminan keselamatan kerja, dan lain sebagainya. Kompensasi ini biasanya didiskusikan dengan para pekerja pada saat melakukan perjanjian di awal masuk kerja dengan pihak HRD perusahaan. 

Artikel Terkait  BSU Ketenagakerjaan. Ketahui, Seluk Beluknya!

Tanggung Jawab yang Dibebankan

Bagi para peserta internship umumnya tidak dibebankan tugas yang tanggung jawabnya besar, mereka bekerja dengan didampingi seorang mentor yang lebih profesional. Oleh karena itu, apabila terjadi kesalahan, para internship tidak secara serta merta menanggung kesalahan tersebut secara individu.

Sedangkan bekerja adalah aktivitas produktif yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap pekerjaan-pekerjaan yang menjadi tugasnya. Umumnya para pekerja memiliki deskripsi pekerjaan sesuai dengan keahliannya masing-masing. Mereka memiliki tanggung jawab untuk bisa berkontribusi secara aktif pada operasional perusahaan. 

Pengalaman dan Pembelajaran

Program internship diciptakan untuk memberikan peluang bagi para individu untuk mendapatkan pengalaman kerja langsung dalam lingkup industri, mereka akan diberikan pengalaman dan pembelajaran tentang cara kerja di sebuah perusahaan dengan terjun langsung dalam lingkungan kerja. 

Sedangkan bekerja lebih fokus pada kegiatan penerapan skill dan latar belakang keilmuan yang dimiliki oleh seorang individu. Adapun pengalaman tersebut, akan menjadi rekam pengalaman kerja di suatu bidang yang nantinya bisa menjadi salah satu faktor untuk menjadi seorang profesional di bidang tertentu. 

Nah, itu dia informasi lengkap tentang perbedaan internship dan bekerja dilihat dari beberapa faktor, dari mulai status pekerjaan, durasi atau jangka waktu kegiatan, kompensasi yang didapatkan, tanggung jawab yang dibebankan, serta pengalaman dan pembelajaran. 

Semoga ulasan yang telah diuraikan diatas bisa memberikan informasi yang lengkap dan mendetail mengenai perbedaan internship dan bekerja. 

Artikel Terkait  Foreman Adalah: Pengertian,Tugas, dan Tanggung Jawabnya di Perusahaan

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *