Contoh Soal TKD 2023 Lengkap dengan Jawabannya

Contoh soal TKD

Contoh soal TKD atas tes kemampuan dasar merupakan gerbang utama yang harus dilewati peserta seleksi rekrutmen profesional, seperti rekrutmen BUMN atau CPNS. Tes kemampuan dasar biasanya terbagi menjadi tiga bidang ilmu pengetahuan, yaitu tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, dan tes karakteristik pribadi. 

Dalam ulasan berikut akan diulas secara lengkap tentang apa itu tes kemampuan dasar atau TKD, kisi-kisi TKD, serta contoh soal TKD yang dilengkapi dengan jawabannya. Pelajari lebih mendalam dalam uraian berikut ini!

Apa itu TKD?

TKD atau tes kemampuan dasar merupakan indikator utama yang digunakan pada saat proses rekrutmen kerja, TKD merupakan sistem seleksi tahap awal yang terkenal dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara atau BUMN. Jenis soal TKD terdiri dari tiga kategori utama yaitu pengetahuan, yaitu tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, dan tes karakteristik pribadi. 

TKD biasanya dilaksanakan bersamaan dengan tes core value BUMN yang membahas mengenai nilai-nilai kepribadian peserta yang dinamakan tes AKHLAK. AKHLAK sendiri merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif. 

Kisi-Kisi TKD

Dalam tes kemampuan dasar, ada tiga kategori soal yang akan muncul, yaitu tentang wawasan kebangsaan, intelegensi umum, dan karakteristik pribadi. Simak selengkapnya dibawah ini!

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes Wawasan Kebangsaan atau sering disingkat TWK adalah contoh soal TKD yang meliputi pembahasan tentang nilai-nilai kebangsaan Republik Indonesia, yang didalamnya terdapat soal-soal tentang pengetahuan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan lain sebagainya.

Dalam soal-soal TWK juga sering terdapat pembahasan mengenai sistem tata negara pada pemerintah pusat dan daerah, sejarang perjuangan bangsa, kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar, hingga peranan Bangsa Indonesia pada tatanan regional dan global. 

Artikel Terkait  Cara Menjadi Crew Kapal Pesiar. Simak Penjelasan Berikut!

Tes Intelegensi Umum (TIU)

Tes Intelegensi Umum atau TIU ini merupakan jenis soal TKD yang meliputi pengetahuan peserta di bidang kemampuan verbal untuk menyampaikan informasi baik secara lisan dan tulisan, kemampuan logika berpikir, kemampuan numerik dalam melakukan perhitungan dan mengetahui hubungan antar angka, kemampuan berpikir logis, dan kemampuan berpikir analitis dalam memecahkan suatu permasalahan secara sistematis. 

Tes intelegensi umum ini bisa dipelajari agar bisa mendapatkan pemahaman yang mendalam, tentunya dengan trik dan cara pengerjaan yang sudah banyak dibahas dalam buku dan internet. 

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Tes karakteristik pribadi atau TKP merupakan serangkaian tes yang didalamnya berisi pertanyaan-pertanyaan untuk mengukur integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas, inovasi, orientasi pelayanan dan orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi dan mengendalikan diri.

Juga mengukur semangat kolaboratif dan pengembangan diri dalam bekerja dalam sebuah instansi, misalnya seperti kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan untuk belajar secara berkelanjutan, kemampuan bekerjasama dalam kelompok, serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain. 

Contoh Soal TKD dan Jawabannya

Berikut adalah contoh soal TKD lengkap disertai jawabannya!

Contoh Soal TKD (TWK)

Berikut ini merupakan anggota dari Panitia Kecil, kecuali…
A. Ir. Soekarno
B. Mr. A. Maramis
C. H. Agus Salim
D. Mohammad Yamin
E. Jawaban: b. Mr. A. Maramis

Pembahasan

Panitia Kecil adalah panitia yang terdiri dari 8 anggota dan dibentuk dengan tujuan untuk merumuskan kembali dasar-dasar negara yang disampaikan dalam Sidang Pertama BPUPKI.

Anggota Panitia Kecil yaitu: Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Achmad Soebardjo, Agus Salim, Mohammad Yamin, KH Abdul Wahid Hasyim, Abdul Kahar Muzakkir, Abikoesno Tjokrosoejoso.

Artikel Terkait  Jenis Psikotes yang Biasa Dihadirkan dalam Dunia Kerja

Contoh Soal TKD (TIU)

Friksi = ….

  1. Perpecahan
  2. Tidak berdaya
  3. Frustasi
  4. Sedih
  5. Putus harapan

Pembahasan

Jawaban B.

Friksi berarti pergeseran yang menimbulkan perbedaan pendapat; perpecahan.

‍Contoh Soal TKD (TKP)

Rekan kerja Anda mengurungkan niatnya untuk ikut serta pengerjaan suatu proyek bersama Anda. Maka Anda akan…
A. Turut mengundurkan diri juga
B. Merasa ditinggal olehnya
C. Biasa saja
D. Tetap menjalankan proyek tersebut walau sendiri
E. Tetap menjalankan proyek hingga rampung

Pembahasan

Bobot skor dari soal tersebut dari yang paling tinggi adalah: D, E, C, B, A

Nah, itu dia informasi lengkap tentang apa itu tes kemampuan dasar atau TKD, kisi-kisi TKD, serta contoh soal TKD yang dilengkapi dengan jawabannya. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat!


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *