Tahapan Seleksi CPNS 2023

Tahapan seleksi CPNS 2023

Tahapan seleksi CPNS 2023 tidak berbeda jauh dengan pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun-tahun sebelumnya. Seleksi dibuka dengan pengumuman formasi jabatan dari masing-masing kementerian dan instansi dan diakhiri dengan pengumuman kelulusan bagi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN).

Berikut adalah alur atau tahapan seleksi CPNS 2023!

Pendaftaran

Tahapan seleksi CPNS 2023 yang pertama adalah tahap pendaftaran. Tahap ini dimulai dengan pendaftaran akun bagi CASN dan dilanjutkan dengan pendaftaran sesuai formasi jabatan yang diinginkan. Selengkapnya bisa disimak dalam penjelasan berikut!

  • Daftar Akun

Pendaftaran akun seleksi CPNS 2023 dimulai dengan pembuatan akun, yaitu dengan mengisi sejumlah data diri dari mulai Nomor Induk Kewarganegaraan, Nomor KK, Nama lengkap, tempat tanggal lahir, nomor telepon, dan email. Setelah itu pelamar akan mendaftarkan password dan pertanyaan pengaman yang dilanjutkan dengan mengupload KTP dan swafoto. 

  • Daftar Formasi

Setelah berhasil mendaftarkan akun, pelamar bisa langsung melakukan pendaftaran formasi yang diinginkan. Sesuai dengan penyesuaian jadwal pelaksanaan seleksi CPNS 2023, pendaftaran formasi jabatan bisa dilakukan pada tanggal 20 September sampai dengan tanggal 11 Oktober 2023.

Pendaftaran formasi ini dilakukan dengan cara pengisian biodata pribadi, memilih jenis seleksi CPNS, memilih formasi, mengupload dokumen, resume, hingga pencetakan kartu pendaftaran. 

Seleksi Administrasi

Setelah berhasil membuat akun dan mendaftar formasi yang diinginkan, tahapan seleksi CPNS 2023 selanjutnya adalah seleksi administrasi yang dijadwalkan pada tanggal 20 September sampai dengan 14 Oktober 2023. Pada tahap ini panitia akan menyeleksi dengan memverifikasi data para pelamar.

Setelah panitia mengumumkan hasil seleksi administrasi, pelamar yang tidak lulus akan diberikan kesempatan dan waktu untuk masa sanggah, kemudian panitia akan mengumumkan hasil masa sanggah dan pelamar yang lulus dapat mencetak kartu ujian. 

Artikel Terkait  Siap2! Lowongan 2 Juta Pegawai ASN 2024

Seleksi Kompetensi

Setelah lulus seleksi administrasi pelamar akan melakukan tahap selanjutnya, yaitu seleksi kompetensi yang terdiri dari seleksi kemampuan dasar dan seleksi kompetensi bidang. Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini!

  • Seleksi Kemampuan Dasar (SKD)

Seleksi kemampuan dasar atau SKD merupakan tahap seleksi kompetensi pertama yang didalamnya memuat beberapa jenis ujian CPNS yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana kompetensi pelamar sesuai dengan standar kompetensi dasar yang diperlukan oleh PNS Republik Indonesia. Seleksi kemampuan dasar terdiri dari tiga sub tes, yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP)

Pelaksanaan seleksi kemampuan dasar pada tahapan seleksi CPNS 2023 dijadwalkan pada tanggal 9 sampai dengan tanggal 18 November 2023. Jika lolos pada tahap ini, peserta akan melanjutkan proses seleksi kompetensi bidang (SKB).

  • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) 

Setelah dinyatakan lolos pada seleksi kemampuan dasar, pelamar bisa melanjutkan seleksi kompetensi selanjutnya yaitu seleksi kompetensi bidang, pada tes ini pelamar akan diuji sesuai dengan kompetensi bidang yang dimiliki. pertanyaan yang akan diujikan dalam SKB sifatnya untuk mengasah kemampuan mengenal jabatan, dan juga keterampilanmu sesuai dengan formasi yang kamu ambil.

Kuota peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) merupakan 3 kali dari jumlah setiap formasi yang dibutuhkan. Misalnya jika suatu jabatan membutuhkan 6 orang, maka maksimal peserta SKB adalah sebanyak 18 orang. Pada tahun 2023, seleksi kompetensi bidang dijadwalkan pelaksanaannya pada tanggal 16 sampai dengan tanggal 22 Desember 2023

Artikel Terkait  Tenaga Honorer Gak Jadi Dihapus, Tapi...

Pengumuman Kelulusan

Setelah melakukan serangkaian tahapan seleksi CPNS 2023, dari mulai pendaftaran, seleksi administrasi, dan seleksi kompetensi, tahap terakhir dari seleksi ini adalah pengumuman kelulusan.  Berdasarkan informasi dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) pengumuman kelulusan diinformasikan pada tanggal 5 sampai dengan tanggal 12 Januari 2024.

Nah, itu dia informasi lengkap tentang alur atau tahapan seleksi CPNS 2023, semoga ulasan di atas bisa bermanfaat!


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *