Jadwal Tahapan Seleksi CPNS 2024

seleksi CPNS 2024

Pemerintah Indonesia bersiap membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2024. Berdasarkan pernyataan Menpan RB Abdullah Azwar Anas, pendaftaran ini direncanakan akan dimulai pada bulan Juni atau Juli 2024, setelah instansi menerima Surat Keputusan Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan/formasi pegawai ASN. Meskipun belum ada jadwal resmi, pemerintah memastikan pengumuman, pendaftaran, dan seleksi akan dinamis mengikuti perkembangan yang ada.

Tahapan Seleksi CPNS 2024

  1. Seleksi Administrasi: Tahap awal dalam proses pendaftaran CPNS 2024 adalah seleksi administrasi. Peserta diharuskan melengkapi berkas yang dibutuhkan secara online melalui situs sscasn.bkn.go.id. Jika lolos seleksi administrasi, peserta dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): Tahap ini menguji kemampuan peserta melalui tes komputer (CAT) yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
  3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB): Bagi peserta yang lolos SKD, tahapan selanjutnya adalah SKB. Tes ini mencakup Tes Potensi Akademik, Tes Praktik Kerja, Tes Bahasa Asing, Tes Fisik, dan Psikotes.

Syarat Pendaftaran CPNS 2024

  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat dari PNS/Prajurit TNI/Kepolisian Negara RI (POLRI).
  • Memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan jabatan.
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah.

Formasi CPNS dan PPPK 2024 Terbaru

Berikut adalah beberapa kementerian dan instansi yang akan membuka formasi CPNS dan PPPK:

  1. Kementerian Agama (Kemenag): Formasi meliputi guru madrasah, guru SMK Kristen dan SMA Katolik, dosen PTN agama, penyuluh agama, penghulu, talenta digital, serta penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN).
  2. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek): Formasi yang membantu menyelesaikan masalah tenaga pendidik honorer dan memenuhi kebutuhan SDM di perguruan tinggi serta penempatan di IKN.
  3. Kementerian Sosial (Kemensos): Meliputi CPNS Tenaga Teknis dan Tenaga Kesehatan, serta PPPK Tenaga Teknis dan Tenaga Kesehatan.
  4. Kementerian Perhubungan (Kemenhub): Fokus pada peningkatan kualitas layanan transportasi dengan formasi CPNS dan PPPK.
  5. Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR): Termasuk formasi CPNS Tenaga Teknis, CPNS Tenaga Kesehatan, dan PPPK Tenaga Teknis.
  6. Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu): Formasi penting dalam mendukung kinerja lembaga, seperti analis hukum, analis pengawasan, dan auditor.

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *