Pengajuan NUPTK secara Online

nuptk

Nomar Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan, merupakan Nomor Induk bagi seorang Pendidik atau Tenaga Kependidlkan (PTK). NUPTK ini, diberikan kepada seluruh PTK yang PNS maupun Non-PNS (harus memenuhi persyaratan yang ada).

Nomor untuk identitas ini, resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang ada dalam pendidikan. Hal ini, dalam rangka peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan yang ada.

Identifikasi NUPTK

NUPTK, berkaitan dengan ASN, lebih ke tugasnya disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan yang ada, di masing-masing unit kerja. NUPTK, diberikan melalui jalur formal dan non formal. Sehingga, dipastikan berdasarkan kebutuhan instansi tersebut.

Namanya unit utama Pembina, dapat menggunakan hasil penerbitan NUPTK untuk kepentingan program. Hal ini, sesuai dengan persyaratan, ketentuan, dan kebutuhan yang ada. Jadi, kita harus cermat dalam mengakses hal ini.

Langkah-langkah Pengajuan NUPTK

Berikut, adalah langkah-langkah dalam pengajuan NUPTK, diantaranya:

  1. PTK mengajukan penerbitan NUPTK ke Satuan Pendidlkan yang ada, dengan melengkapi persyaratan berupa bentuk file (hasil scan).
  2. Satuan Pendidikan, nantinya mengajukan penerbitan NUPTK melalui aplikasi verval PTK. Hal tersebut, bisa diakses dengan melengkapi semua persyaratan yang ada, sesuai dengan apa yang telah ditentukan.
  3. Dinas Pendldikan Kabupaten/Kota/Provinsi menerima pengajuan tersebut, dari sekolah dalam aplikasi verval PTK. Hal tersebut, melalui pemeriksaan berkas persyaratan dalam bentuk file, dicek juga keaslian cap dan tanda tangan, keaslian hasil legalisir atau SK pengganti ijazah, serta masa berlaku berkas tersebut. Jika semua sudah terpenuhi, dan masih berlaku, maka bisa disetujui untuk diteruskan.
  4. LPMP menerima pengajuan penerbitan NUPTK dalam aplikasi verval PT K dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kata/Pravinsi dengan memeriksa persyaratan dalam file elektronlk.
  5. Pengajuan penerbitan NUPTK akan dicek oleh POSPK. Setelah itu, diverifikasi legalitasnya, oleh Dinas Pendidikan. Kemudian, LPMP/BPKLN memastikan kembali dakumen tersebut, sudah sesuai apa belum. Jika sudah, maka tinggal diterbitkan.
Artikel Terkait  Tips Kelola Gaji UMR dengan Bijak di Bawah Ini!

Persyaratan dalam Mengajukan Penerbitan NUPTK

Berikut, adalah persyaratannya:

  1. PTK terdata dalam data Dapadik dan memiliki rombongan belajar (rombel).
  2. Belum memiliki NUPTK dan bertugas di satuan pendidikan yang memiliki NPSN.
  3. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  4. Memiliki Ijazah dari pendidikan dasar hingga pendidikan terakhir.
  5. Bukti memiliki ijazah minimal Diploma(D-IV) atau strata 1 (S1) bagi pendidik, di satuan pendidikan formal.
  6. Untuk pegawai yang berstatus CPNS maupun PNS, berhak melampirkan: Surat Keputusan (SK) pengangkatan CPNS/PNS, dan atau Surat Keputusan (SK) Penugasan dari Dinas Pendldikan.
  7. Surat keputusan pengangkatan dari Kepala Dinas Pendidikan untuk yang berstatus masih belum PNS.

Langkah-langkah, dalam Mengajukan NUPTK secara Online

Berikut, adalah caranya:

  1. Akses website ke vervalptk.data.kemdikbud.go.id.
  2. Masuk atau login menggunakan akun dapodik sekolah.
  3. Klik menu pada “Pengajuan NUPTK”. Sehingga, akan muncul nama-nama daftar calon penerima NUPTK.
  4. Dari situ, operator sekolah akan melakukan akses dengan mengklik menu “Ajukan NUPTK”.
  5. Dari sini, operator sekolah, akan mengupload berkas-berkas yang ada (dibutuhkan) untuk pengajuan tersebut (berupa file PDF).
  6. Klik “Ajukan”.
  7. Jika tahap ini sudah selesai, maka operator sekolah, konfirmasi ke Dinas Pendidikan bahwa pendidik, Sudah mengajukan NUPTK.
  8. Dari sini, pendidik juga dapat melihat statusnya, dengan mengklik “Status Pengajuan NUPTKā€.

Itulah, cara pengajuan NUPTK secara online. Cukup gampang, dengan dibantu oleh operator sekolah yang ada!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *