Pekerja Minyak Lepas Pantai (Offshore). Seperti Apa Gambarannya?

Pekerja Minyak Lepas Pantai (Offshore)

Pekerja lepas pantai, kita pasti masih belum paham secara keseluruhan, atau malah belum familiar dengan pekerjaan ini? Pekerjaan ini, mengarah pada pembangunan di atas laut dan patokannya pada kedalaman penopang bagian bawah.

Perusahaan ini, bergerak pada bidang minyak dan gas bumi, dan secara umum tugas pegawai offshore lebih ke melakukan pengeboran minyak dan gas bumi untuk diproduksi menjadi beberapa produk. Bisa kita lihat, seperti bahan bakar minyak.

Tugas Pegawai Pekerja Minyak Lepas Pantai (Offshore)

Pegawai offshore sendiri, bekerja di tahapan seismik, bertugas untuk mencari minyak dan gas bumi dengan menggunakan kapal khusus survei seismik. Pegawai offshore sendiri, bertugas dalam mengecek dan membuktikan tempat yang di survei memiliki kualitas minyak dan gas bumi yang bagus.

Selain itu, dengan survei, mampu melakukan kalkulasi cadangan minyak. Gaji dan fasilitas yang diberikan untuk pegawai offshore, cukup banyak, berdasarkan tanggungan, dan risiko yang ada. Tugas offshore di Indonesia, cukup bervariasi, mulai dari bagian survei seismik, bagian eksplorasi, dan bagian konstruksi.

Beberapa posisi dan tugas yang ada pada pegawai ini, tentunya memiliki risiko pekerjaannya masing-masing. Sehingga gaji dan tunjangan yang dimiliki pasti banyak. Gaji hingga miliaran, mampu didapat dari pekerjaan ini.

Daftar Gaji Pegawai Offshore

Berikut, adalah daftar gaji pegawai offshore di Indonesia, yaitu:

1. Konsultan Pengeboran Lepas Pantai

Untuk konsultan pengeboran lepas pantai, digaji sekitar 2,23-4,76 miliar, dengan tugas memberikan saran kepada perusahaan dalam menemukan tempat strategis untuk mengebor minyak dan gas bumi. Dari situ, risiko untuk kedepannya, diharapkan tidak terlalu banyak.

2. Manajer Instalasi Lepas Pantai

Manajer Instalasi ini, memiliki gaji antara 1,87-3,82 miliar. Gaji ini sesuai dengan tanggung jawab yang dimiliki, yakni mengatur dan mengendalikan seluruh aktivitas di dalam Rig. Manajer ini, juga bertanggung jawab dalam pekerjaan lini teknik, keuangan, dan seluruh kegiatan yang ada.

Artikel Terkait  Apa yang harus Dipelajari dari Surat Perjanjian Kerja?

3. Staf Workover (Completion)

Staf Workover, memiliki pekerjaan berupa memastikan dan menentukan apakah pengeboran sumur, dapat menghasilkan minyak dan gas bumi? dan itu layak diproduksi atau tidak?. Walaupun tugasnya terlihat sepele, bukan berarti pekerjaan ini pelaksanaannya mudah. Gaji sekitar 967 juta – 3,8 miliar.

4. Insinyur Kelautan

Insinyur kelautan, merupakan seseorang yang bertanggung jawab dalam mengkoordinasikan seluruh aktivitas pengeboran terjadi (berlangsung), saat pengangkutan minyak dan gas bumi, dan kisaran gaji yang diperoleh 1,16 – 2,42 miliar.

5. Tanker Kapten

Tanker Kapten sendiri, bertugas untuk mengontrol, maupun mengangkut minyak dan gas bumi dari laut ke darat. Tugas wajib, untuk memastikan hasil pengeboran sampai ke daratan dengan aman. Gaji yang diberikan, sekitar 1,16 – 2,65 miliar. Cukup banyak untuk didapat.

6. Pilot Helikopter

Pilot Helikopter, mampu melayani para klien yang ada, yang ingin menunjukkan tempat pengeboran minyak dan gas bumi berlangsung. Gaji yang dimiliki, sekitar 1,45 – 2,34 miliar. Dan tanggung jawabnya besar, karena berkaitan dengan nyawa, yang dipastikan selamat sampai tujuan.

7. Supervisor Produksi

Sebagai Supervisor Produksi, seorang tersebut bertugas memastikan semua alat yang ada, dan akan digunakan, aman. Dan hal ini, sesuai dengan standar keselamtan pekerja. Gaji yang dimiliki, sekitar 1,68 – 2,30 miliar. Cukup banyak sesuai dengan risiko yang ada.

8. Ahli Geologi

Ahli geologi, digaji sekitar 1,64 – 1,87 miliar, sebanding dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Tepatnya, dalam menentukan tempat pengeboran yang sesuai. Disini, seorang ahli geologi jangan sampai salah. Karena sekalinya salah, dampaknya bisa panjang.

Artikel Terkait  Manfaat Adanya Serikat Pekerja atau Buruh

9. Insinyur Proses Bawah Laut

Insinyur Proses Bawah Laut, memiliki gaji yang tinggi, dengan kisaran harga 1,45 – 2,30 miliar. Gaji ini, sebanding dengan beban kerja yang diberikan. Pekerjaannya, lebih untuk mengintegrasikan minyak dan gas bumi, serta memecahkan permasalahan yang terjadi.

10. Insinyur Reservoir/ Drilling

Insinyur Reservoir/ Drilling, memiliki gaji antara 967 juta, hingga 1,81 miliar rupiah. Tugasnya, lebih ke mengontrol proses pengeboran yang dilakukan. Sehingga dari sini, seorang pegawai insinyur drilling, tidak boleh lengah, dalam mengawasi proses pengeboran yang ada. Takutnya ada yang salah, dan lain-lain.

11. Catering Crew

Ini perlu yah, karena pada akhirnya pegawai, atau pengunjung dijamu dengan hal ini, makanan dan minuman yang ada. Gaji yang ada, berkisar antara 1,5 – 2 juta. Pekerjaan ini, lebih ringan karena hanya bekerja dalam satu bulan penuh lalu pada bulan berikutnya akan mendapatkan jatah libur.

12. Rig Crew

Rig Crew, adalah crew yang paling banyak diburu, mengingat gajinya cukup memuaskan jika dilihat dari gajinya dan waktu luangnya. Sekitar, 5 – 15 juta rupiah. Pekerjaan ini, bertanggung jawab dalam persiapan rig, digunakan untuk proses pengeboran hingga siap pakai.

13. Service Company

Service Company, lebih ke pekerjaan yang bertanggung jawab dalam memberikan jasa spesialis. Hal ini, untuk proses pengeboran, dengan gaji yang biasanya dihitung per hari, sekitar 300 ribu – 12,4 juta rupiah per hari. Wow, cukup banyak walaupun borongan.

14. Oil Company

Oil Company, memiliki upah, mulai dari 7 juta, dan tugas dari oil company, adalah menjadi wadah produksi minyak dan gas bumi atau disebut dengan perusahaan minyak. Sehingga, diharapkan pada proses produksinya baik, dan bisa bertahan lama.

Artikel Terkait  Biaya Pasang CCTV di Tahun 2024

Fasilitas yang diberikan untuk offshore, bermacam-macam, tergantung posisi kerja yang dipilih. Mulai dari tunjangan tiket pesawat, hotel penginapan, tempat tinggal, dan lain-lain. Jadi, masih mau menjadi pekerja minyak lepas pantai (offshore)? Semoga bermanfaat!


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *