Cara Menjadi Crew Kapal Pesiar. Simak Penjelasan Berikut!

crew kapal pesiar

Kapal pesiar, menjadi hal yang identik dengan sajian mewah, pemandangan laut yang memuaskan, dan jamuan yang modern. Selain itu, pengunjung atau tamu yang menggunakan kapal pesiar, biasanya dari orang kaya atau yang berduit. Sehingga tidak kaget, tip yang diberikan pelayan cukup banyak.

Banyak yang ingin menjadi crew kapal pesiar, mengingat gajinya tidak main-main, terutama dalam hal taraf Internasional. Cara melamar kerja disini, cukup mudah, seperti melamar pekerjaan pada umumnya.

Benefit Kerja di Kapal Pesiar

Khususnya yang bekerja di pelayanan pengunjung atau tamu, harus memiliki skill atau setidaknya kemampuan yang dibutuhkan dalam posisi yang diinginkan. Enaknya jadi crew kapal pesiar, kita bisa keliling dunia melalui perairan yang ada, jarang orang melakukan perjalanan sejauh ini.

Terdapat syarat tertentu, yang harus dipenuhi dalam pecapaian tersebut, khususnya di bidang operasional, jam kerja, hingga kondisi kesehatan. Bekerja di kapal pesiar, memungkinkan kamu pasti pulang kampung lebih lama, hingga berbulan-bulan. Bagi yang tidak kuat LDR, jangan pilih ini.

Hari libur, untuk pegawai atau crew kapal pesiar, ditumpuk seperti liburan kuliah, selama beberapa bulan. Waktu tersebut, disesuaikan dengan kontrak yang ada. Bekerja, seperti setiap hari, karena kita juga tidur disana.

Kekurangan Kerja di Laut

Pastinya, kita tidak bisa berinteraksi dengan dunia luar, jika bisa maka akses akan hal itu pun minim. Jadi, tunggu hingga kembali ke daratan baru bisa berkomunikasi ke luar. Pengalaman, pastinya lebih banyak di laut, daripada daratan, sehingga ilmu akan daratan, belum tentu tahu sepenuhnya.

Komunikasi dengan keluarga juga minim, baik via telekomunikasi hingga ketemuan. Jadi, bagi yang tidak bisa setia, alangkah lebih baik cari pekerjaan dekat dengan rumah saja, agar tidak terkendala dalam suatu apapun.

Artikel Terkait  Perlakuan Pekerja yang Tidak Disukai Bos

Di bidang pekerjaan ini, jadi crew kapal pesiar, harus tahan tidak tidur, karena pekerjaannya minim jam tidur. Jadi bersiaplah, untuk selalu menyiapkan diri dalam hal kesehatan. Sayangnya, dengan gaji tinggi, tidak ada dana pensiun, jadi lebih baik, pikir ulang-ulang.

Cara Melamar Kerja di Kapal Pesiar

Cara melamar kerja menjadi crew kapal pesiar, pastinya harus menyediakan dokumen-dokumen berikut, seperti:

1. Buat Curriculum Vitae (CV)

Ini adalah langkah pertama, yang perlu dibuat untuk setiap akan melamar pekerjaan. Pekerjan ini, lebih menghargai pengalaman kerja sebelumnya, yang sama. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan untuk menerima di pengalaman kerja yang banyak atau masih relevan sebelumnya.

2. Buat surat lamaran yang menarik (meyakinkan)

Surat lamaran, perlu ditulis secara menarik, agar HRD tertarik untuk membacanya secara berkelanjutan. Biasanya, isi surat sampai 400 kata, dengan kata-kata penting yang bisa dibold, semisal pengalaman kerja, keterampilan yang perlu dipenuhi, dan lain sebagainya.

3. Ajukan lamaran pekerjaan ke perusahaan terkait

Disini maksudnya adalah, melamar pekerjaan yang posisinya sejenis, agar kita tidak capek-capek membuat lamaran lain yang dirasa kamu belum mampu untuk memenuhi kriteria tersebut. Anggap saja, kamu sudah memutuskan pekerjaan apa yang kamu sanggupi. Jadi fokus pada itu.

4. Hubungi penyedia jasa penyaluran tenaga kerja

Penyedia jasa, penyalur tenaga kerja untuk bagian ini, biasanya ada. Dan bisa kamu cari, melalui link resmi maupun info, dari orang atau tetangga yang sudah ikut dalam bagian itu. Dari situ, kamu akan terbantu dengan info, syarat, terbaru mengenai pekerjaan ini.

Artikel Terkait  Tips Atur Pengeluaran Bulan Ramadhan

5. Hubungi bagian perekrutan tenaga kerja dari kapal pesiar yang dituju

Ini perlu, jadi tidak tunggu adanya lowongan pekerjaan, tetapi kita yang mencoba untuk menjembut bola, agar segera cepat mendapatkan info dari apa yang kita cari. Misal, masalah pekerjaan ini, maka cari instansi atau perusahaan yang menaungi ini agar tahu informasinya secara resmi.

Itulah, penjelasan mengenai cara menjadi crew kapal pesiar yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *