Tips Kelola Gaji UMR dengan Bijak di Bawah Ini!

kelola gaji umr

Bagi kaum lajang, maupun yang sudah menikah, mengelola gaji UMR, memang perlu dilakukan secara bijak. Agar kebutuhan dan tujuan masa depan terpenuhi. Untung-untung jika uang yang kita punya, mampu memenuhi keinginan kita. Bagaimana caranya? Yah bijak dalam mengelola keuangan.

Menabung, adalah salah satu kunci kenapa kita ingin hidup lebih baik. Setidaknya, dengan menabung kita jadi tahu bahwa dana jaga-jaga atau tak terduga yang muncul, bisa terpenuhi dengan maksimal. Alangkah lebih baik, tidak menjagakan satu penyimpanan saja. Dibagi berdasarkan sub kebutuhan.

Berikut adalah caranya!

1. Buat Pengeluaran tidak Lebih dari (<) Pendapatan

Maksudnya adalah, hitung pengeluaran yang setidaknya tidak terlalu memangkas lebih pemasukan. Jadi, dari sini kamu bisa menabung. Langkah ini awal, sehingga menentukan semuanya, apakah kamu bisa menata uang apa tidak. Secara jangka panjang, pola tersebut akan berpengaruh kedepannya.

2. Buat Batas Budget Sehari-hari

Buat batas budget sehari-hari, bahkan lebih baik jika dilakukan setiap bulan, dibuat dalam satu bulan. Mulai dari pengeluaran pasti (umum), lebih ke kebutuhan hidup sehari-hari. Dan pengeluaran tak terduga, semisal nongkrong, jalan-jalan, rapat, beli barang-barang atau produk, dan lain-lain.

3. Biasakan Hidup Sehat

Rata-rata, hidup sehat bisa dilakukan dalam budget minim. Sehingga, hidup sehat, diidentikkan dengan hidup hemat. Jadi, sekaligus kalian dapat 2 benefit, diantaranya pola hidupmu sehat, teratur, dan jamu hidup sehat, awet muda. Ini adalah investasi panjang yang tidak memakan biaya.

4. Pisahkan Rekening berdasarkan Kebutuhan

Nah, ini perlu agar tidak terambil atau ikut semua untuk 1 pengeluaran saja, atau bahkan pengeluaran yang tidak perlu. Jadi, hati-hati. Bisa memulai membuka rekening untuk kebutuhan hidup sehari-hari, menabung, investasi, asuransi, masa tua (pensiun). Jadi, kita tidak harus jadi PNS untuk dapat dana itu.

Artikel Terkait  Cara Buat CV Online secara Gratis, diantaranya?

5. Hindari suka Mencicil Barang apalagi dilakukan secara Konsumtif

Hindari hal tersebut, agar goal atau tujuan awalmu yang besar, tercapai dengan cepat. Karena kalau dipikir-pikir, daripada mencicil yang ada bunganya atau harganya lebih tinggi, lebih baik menabung dan beli cash. Jangan mau dibuat rugi, berkedok dapat cepat dan kelihatannya murah.

6. Manfaatkan THR dengan Bijak

Bagi pegawai tetap atau karyawan yang sudah lama, biasanya mendapatkan THR. Semakin lama kita bekerja di suatu tempat kerja atau perusahaan, THR kita juga semakin menunjang (bertambah). Manfaatkan hal tersebut untuk modal maupun usaha yang lain. Siapa tahu konsisten, membawa hasil.

7. Evaluasi Keuangan setiap Bulan

Nah ini perlu, agar melatih kita dalam bisa mengatur keuangan secara bijak. Dari sini, kamu akan terlatih dan mengetahui budget pengeluaran yang harus kamu ambil untuk kehidupan sehari-hari, tanpa menghilangkan target dalam menabung dan tujuan jangka panjang.

8. Harus bisa Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Kamu, harus bisa membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Hal ini, didasari pada kelancaran memanajemen uangmu. Semakin kamu bagus mengetahui hal tersebut, maka kamu akan bisa dengan handal memanajemen uang dengan baik.

9. Tentukan Prioritas dalam Kebutuhan Hidup

Pastinya, dalam setiap bulan pasti ada saja prioritas kebutuhan hidup yang berbeda. Semisal, servis motor, biaya anak jalan-jalan untuk sekolah, dan lain-lain. Maka dari itu, kamu harus coba menekan aspek kebutuhan hidup yang memang bisa ditekan pengeluarannya.

Artikel Terkait  Tips Mengajukan Permohonan Gaji secara Sopan!

10. Lakukan Target Budget Pendapatan secara Ketat

Tujuan utama, dari adanya gaji adalah untuk mendapatkan gaji bersih yang bisa ditabung. Itu sudah dihitung dari pengeluaran yang ada (sisa hitung pengeluaran pendapatan). Sehingga dari hal itu, kamu harus secara ketat konsusten, mengatur pemasukan pendapatan yang tetap.

Itulah, penjelasan mengenai langkah-langkah atau cara dalam memanajemen uang yang benar. Jangan sampai, kamu tertipu dengan hal yang tidak diinginkan.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *