Gaji Pas-pasan tapi bisa Menabung? Hmm, Bagaimana Caranya

gaji pas-pasan

Jangan anggap, bahwa gaji pas-pasan tidak bisa menabung, salah! yang ada adalah mindset kita yang kurang paham akan gaji pas-pasan tersebut. Kuncinya adalah di manajemen keuangan dan bisa mengerti kebutuhan, bukan hanya keinginan saja.

Bisa menjadi pribadi yang hemat, jangan asal foya-foya saja. Tak bagus, untuk menghamburkan uang di pengeluaran yang tidak berguna. Kali ini, akan dijelaskan mengenai ilmu, bagaimana cara mengatur uang yang benar, agar gaji pas-pasan tersebut bisa ditabung. Camkan ini!

1. Jangan Hutang

Benar-benar, ini hal yang perlu dihindari dan jangan suka berhutang. Anggap saja, hutang adalah menuju ke jalan kesengsaraan. Kita belum tentu tahu, apakah kita bisa membayar hutang tersebut. Jadi, jangan sampai dengan gaji pas-pasan tersebut kita menambah beban yang tak diinginkan. Jangan sampai.

2. Rajin Menabung

Nah, ini adalah kunci dari semuanya, rajin menabung. Karena dari sini, kebutuhan terjamin dan terjaga, begitu untuk masa depan dalam hal jangka panjang. Jangan jadi pribadi yang konsumtif, tapi pilah-pilah mana pengeluaran yang bisa dipending dan tidak bisa dipending (disegerakan).

3. Investasi

Ternyata, investasi adalah cara terbaik yang bisa dilakukan walaupun pada perjalanan awalnya nanti, perlu yang namanya perjuangan dan modal untuk disimpan. Buatlah investasi jangka panjang berdasarkan apa yang kamu suka dan kamu bisa. Ingat, jangan keluar dari agama.

4. Upgrade Skill

Disini, bisa ditingkatkan (update) atau upgrade (dengan menambah ilmu). Semakin banyak ilmu yang kita miliki, atau menambah ilmu yang sudah ada, maka kita sudah membuka gerbang untuk kesuksesan. Bagaimana tidak? untuk jangka panjang, ini sangat diperlukan sekali demi menambah cuan.

5. Jadi Pribadi Hemat

Nah, disini peran kita adalah utama, karena dari sini semua bisa dihandle. Akan tidak bisa dihandle, jika kita tidak bisa menahan diri untuk menjadi pribadi yang hemat. Buatlah skema, atau target jangka panjang dan pendek (per bulan), mengenai pengeluaran dan pemasukan yang harus dijaga.

6. Buat Anggaran Pengeluaran

Saat kita membuat anggaran pengeluaran, maka kita sudah mencoba menjadi pribadi yang hemat dan gampang menabung. Karena dari situ, kita bisa memanajemen makanan bulanan yang dikonsumsi, minuman bulanan, tunggakan listrik air, biaya istri anak, dan lain-lain. Semangat!

7. Buatlah Rencana

Disini maksudnya, menabung saja tidak cukup jika tidak diimbangi dengan rencana jangka panjang. Karena yang kita tabung, walaupun banyak, pada akhirnya bisa saja langsung ludes karena untuk kepentingan mendesak. Tanpa ada uang cadangan lain, bisa bahaya.

8. Kendalikan Pengeluaran Uang

Kadang, di setiap bulannya ada saja hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pengeluaran tidak terduga. Ari situ, kita perlu inisiatif untuk memutar rencana pengeluaran mana yang tidak perlu dikeluarkan di bulan itu, demi mengganti pengeluaran yang mendesak tersebut. Jika bisa.

9. Lihat Penawaran yang Ada

Kebanyakan, orang yang mengerti uang dan ekonomis, tidak malu untuk menggunakan kupon-kupon khusus yang diberikan suatu perusahaan maupun toko kelontong untuk berbisnis. Karena itu satu cara dalam berhemat uang yang kurang diketahui orang. Cari kupon terbaik dengan pengeluaran yang minim.

10. Bayangkan jika kamu di-PHK

Nah, pikirkan kondisi terburuk tentang hal itu, agar bisa mencari cadangan dalam mencari uang secara jangka panjang. Jangan berpatok atau mengharapkan gaji pas-pasan sebagai pemasukan utama. Tapi cari alternatif mencari cuan melalui apa yang kamu bisa dan kamu kerjakan. Semangat!

11. Persiapkan Dana Darurat

Persiapkan dana darurat, yang mana sewaktu-waktu bisa hadir kapanpun tanpa kita mau. Pastikan, taruh atau tabung dana darurat tersebut di tempat berbeda, tidak jadi satu dengan tabungan utama, agar tidak tercampur kepentingannya. Bisa daftar BPJS, atau asuransi lainnya yang diperlukan.

12. Kelola Dana Pensiun

Walaupun kita bukan PNS, kita tetap bisa membuat dana pensiun pribadi yang bisa dimulai sejak masa muda, atau bekerja. Hal ini, demi masa tua yang tidak mau menganggur atau menangis. Jadikan hari ini, sebagai jangka panjang, itu prinsipnya.

Itulah penjelasan mengenai gaji pas-pasan yang bisa dikelola dengan mudah dan tepat dengan memperhatikan cara-cara diatas. Semoga good luck!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *