Berapa Gaji Pramugari Kereta Api? Lengkap Beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya!

Gaji Pramugari Kereta Api

Bagi yang sering berkendara jarak jauh dengan naik kereta api, tentu akrab dengan pramugari kereta api. Penasaran dengan gaji pramugari kereta api? berapa kira-kira kisaran pendapatan petugas berseragam yang sering dijumpai di kereta api ini? Simak informasi selengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Gaji Pramugari Kereta Api di Berbagai Negara

Di setiap negara, kisaran gaji pramugari kereta api berbeda-beda. Hal ini tentu saja ditentukan oleh kondisi ekonomi negara, nilai mata uang, hingga seberapa bergengsinya profesi ini di negara tersebut. Berikut adalah beberapa diantaranya!

Gaji Pramugari Kereta Api di Indonesia

Di Indonesia pramugari kereta api mendapatkan gaji sekitar Rp 7 Juta setiap bulannya. Jumlah tersebut adalah penjumlahan dari gaji pokok dan tunjangan kinerja, yang apabila dijabarkan pendapatannya terdiri dari gaji pokok sebesar Rp 4 Juta, tunjangan kinerja yang bisa mencapai Rp 3 Juta.

Selain gaji pokok dan tunjangan, pramugari kereta api juga mendapatkan beberapa insentif seperti biaya perawatan atau make up yang besarannya dari mulai Rp 1,5 Juta hingga Rp 2 Juta setiap bulannya.  Namun, besaran gaji tersebut bisa berbeda berdasarkan lamanya masa kerja. Jadi jika pengalamannya sudah banyak dan lama maka besaran gaji yang didapat akan menyesuaikan.

Gaji Pramugari Kereta Api di Amerika Serikat

Gaji pramugari kereta api di Amerika Serikat mencapai angka rata-rata US$ 185.900 per 13 jam, yang jika dikonversi ke dalam satuan mata uang rupiah yaitu sebesar Rp 373 Juta. Jadi dalam setiap tahunnya, seorang pramugari kereta api di Amerika Serikat bisa mendapatkan gaji yang cukup fantastis, yaitu mulai US$ 21 Ribu hingga US$ 31 Ribu.

Gaji Pramugari Kereta Api di China

Berbeda dengan di Indonesia dan di Amerika serikat, gaji pramugari kereta api di China bisa mencapai 2.256 Yuan Tiongkok atau jika dikonversikan dalam satuan mata uang rupiah yaitu sebesar Rp 85 Juta. Informasi ini didapatkan dari data survey yang dikumpulkan dari para pemberi kerja serta karyawan yang melakukan survey.

Artikel Terkait  Berikut, adalah 7 Hak Cuti Karyawan Kontrak (PKWT)

Tugas dan Tanggung Jawab Pramugari Kereta Api

Di Indonesia, gaji pramugari kereta api mungkin masih tergolong sebagai profesi dengan kisaran pendapatan menengah. Tetapi, semuanya sebanding dengan tugas dan tanggung jawab sebagai pekerja BUMN. Lalu, apa saja deskripsi pekerjaan seorang pramugari kereta api? berikut adalah beberapa diantaranya!

  • Pramugari kereta api bertugas menyambut penumpang ketika akan memasuki gerbong.
  • Menginformasikan kepada para penumpang terkait gerbong dan tempat duduk penumpang.
  • Mengatur penempatan barang bawaan penumpang dan membantu memasukkannya pada bagasi.
  • ¬†Memberi selimut dan kebutuhan yang berhubungan dengan kenyamanan penumpang.
  • Menawarkan menu makanan, menerima pesanan makanan dan minuman, serta mengantarkan pesanan para penumpang yang sedang dalam perjalanan.
  • Memberikan pertolongan pertama ketika ada kecelakaan.
  • Membantu kondektur bekerja.
  • Memberikan informasi kepada masinis mengenai gambaran suasana kereta api.
  • Menjaga suasana kereta api agar tetap kondusif fan aman selama perjalanan.
  • Menjaga kondisi gerbong agar tetap rapi dan bersih agar penumpang tetap nyaman.
  • Memberikan tips keamanan dan kenyamanan ketika naik kereta api.
  • Memberikan pelayanan kepada penumpang dengan menjawab pertanyaan dan meneruskan keluhan dari para penumpang.

Nah, itu dia informasi lengkap tentang gaji pramugari kereta api, lengkap dengan tugas dan tanggung jawabnya ketika sedang bertugas melayani penumpang kereta api. Profesi ini memang masih belum setenar pramugari pesawat terbang, namun untuk menjadi pramugari kereta api juga harus menempuh proses rekrutmen yang panjang. Semoga informasi dan ulasan di atas bisa bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *