Tips Mengajukan Penambahan Cuti Lebaran bagi PNS

cuti lebaran pns

Cuti, adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh para pekerja dan masyarakat. Karena dampak dari cuti cukup banyak, salah satunya dalam hal ekonomi masyarakat. Untuk seorang pekerja, cuti adalah kegembiraan tersendiri, bagi istirahatnya tenaga dan pikiran untuk sementara. Setidaknya terkurangi.

Cuti lebaran, pasti hadir setiap tahunnya, dan Hari Raya Idul Fitri ini, akan kita sambut dalam beberapa hari ini. Jadwal pulang kampung, pasti ada. Kadang, ada perusahaan yang fleksibel, yang mana memberikan dispen di awal maupun di akhir untuk menambah cuti lebaran.

Bagaimana caranya?

Syarat PNS Mengajukan Tambahan Cuti

Menteri PAN-RB, Asman Abnur, mengungkapkan bahwa PNS yang hendak mengajukan penambahan masa cuti pada saat libur Lebaran, maka harus menunggu keputusan dari pejabat pembina pegawai. Karena, keputusan akhir akan hal itu, ada di tangan masing-masing pejabat Pembina.

Pejabat Pembina, bisa dilihat pada bupati, walikota, hingga gubernur. Untuk PNS yang bekerja di bidang pelayanan publik, maka tidak diizinkan untuk mengambil jatah cuti, misal pada pegawai rumah sakit, dan lain sebagainya, karena ini penting berkaitan dengan kebutuhan banyak masyarakat.

Walaupun tidak ada atau tidak bisa menambah jatah cuti, tetap jatah cuti yang ada diberikan, jadi tidak mengurangi hal tersebut. Cuti tersebut, bisa dirasakan hari itu juga, atau diganti di hari lain, jadi tetap ada, dan komplit.

Cara Mempersiapkan Libur Lebaran Ala Karyawan

Berikut, adalah cara karyawan dalam mempersiapkan libur lebaran yang perlu dicoba:

1. Harus tahu peraturan pemerintah tentang cuti bersama

Sebagai karyawan, kita harus tahu update terbaru, mengenai cuti bersama untuk karyawan, agar tidak salah dan pastinya disesuaikan ke perusahaan juga. Jadi, antara peraturan perusahaan dan pemerintah harus diketahui terlebih dahulu.

Artikel Terkait  PHK jelang Lebaran, Cara Licik Pengusaha Hindari Bayar THR

2. Beritahu rekan kerja akan tanggal cuti kita

Ini perlu, untuk menggantikan posisi sementaramu selama cuti. Jika sama-sama cuti, maka akan terjadi salah paham dan miss komunikasi. Dengan begitu, bisa sama-sama kompak, mengenai cuti masing-masing, dan saling tahu untuk saling menjaga pekerjaan yang ada.

3. Selesaikan pekerjaan deadline, sebelum libur lebaran

Ini perlu, agar tidak kepikiran. Pastikan, pekerjaan yang kamu emban sudah selesai sebelum cuti berjalan. Enaknya disitu, kamu bisa fokus untuk senang-senang dan setidaknya lebaran dengan benar. Apalagi, yang bekerja di bidang penjualan, maka perlu tetap mememonitor status proyek yang ada.

4. Rapikan tempat kerja

Ini perlu yah, agar saat kembali kerja (setelah cuti), kamu bisa tetap produktif dan tanpa memikirkan bersih-bersih dulu. Enaknya disini, saat awal masuk kerja, kamu tidak akan disibukkan atau capek-capek untuk membersihkan tempat kerja, tetapi halal bihalal dulu.

5. Jaga kesehatan mental dan fisik

Kenapa kesehatan itu perlu? Karena berkaitan dengan performa kerja di awal, mulai dari kesehatan mental maupun fisik. Istirahat dan jalan-jalan yang cukup agar menghilangkan penat sebentar, dan refreshing. Dengan kesehatan yang terjaga, maka bisa melakukan aktivitas dengan maksimal.

6. Jaga asupan makan yang cukup

Selain istirahat yang cukup, juga perlu asupan makanan yang cukup. Karena istirahat saja, tanpa diimbangi makanan atau asupan yang bergizi, maka akan sia-sia. Kondisi fit akan terbayarkan dengan olahraga yang cukup juga, sebelum bekerja dimulai.

Artikel Terkait  Tips Membuat Surat Izin Sakit Lewat WA yang Sopan

7. Buat to-do list

Perlu, agar terarah, mau berkegiatan apa saja selama liburan dan setelah liburan. Terutama kerja, itu perlu pakai to-do-list. Dokumen, atau catatan penting, perlu dilakukan agar kita siap saat bekerja nantinya.

Itulah, 7 tips mempersiapkan cuti lebaran, beserta syarat dalam menambah cuti lebaran untuk PNS. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *