Contoh Menulis Body Email Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Body Email

Kemudahan mengirimkan lamaran kerja melalui email, membuat banyak orang mencari tahu bagaimana cara paling profesional untuk menulis body email lamaran kerja yang baik dan benar.  Meskipun sebagian besar orang menganggap sepele hal ini, nyatanya body email menjadi salah satu pembuka kesan bagi para perekrut untuk mengenal para kandidat pelamar kerja.

Untuk mengetahui serba-serbi mengenai body email lamaran kerja yang tepat, dari mulai isi body email, Tips menulis body email, hingga contohnya bisa dipelajari secara lengkap di sini!

Isi Body Email Lamaran Kerja

Sebaiknya body email lamaran kerja dijadikan sebagai pengantar singkat yang menjelaskan tentang informasi mengenai maksud dan tujuan pengirim email. Dan berikut ini adalah beberapa poin yang perlu dilampirkan dalam body email. 

  • Alasan mengirim lamaran pekerjaan.
  • Perkenalan singkat, poin ini bisa diisi dengan nama, alamat, serta profesi.
  • Lanjutkan dengan menginformasikan mengenai posisi yang dilamar.
  • Masukkan kualifikasi yang sesuai dengan posisi yang diinginkan.
  • Jelaskan secara singkat kontribusi yang nantinya bisa diberikan.
  • Lengkapi dengan melampirkan kontak yang bisa dihubungi dan akhiri dengan penutup singkat.

Tips Menulis Body Email Lamaran Kerja

Lalu hal apa saja yang perlu diperhatikan saat menulis body email? berikut adalah penjelasan lengkapnya!

Tulis dengan Singkat dan Jelas

Hal pertama yang perlu disadari oleh para pelamar kerja adalah setiap perusahaan akan menerima banyak email dari pelamar kerja lain. Itulah sebabnya sangat penting untuk memahami bahwa pihak HRD hanya akan membaca body email secara singkat dalam waktu yang terbatas.

Oleh karena itu, pastikan untuk membuat body email dengan kalimat yang padat, jelas, dan tidak bertele-tele. Tuliskan hanya poin-poin penting saja, karena informasi lebih lengkap bisa dibaca HRD dalam surat lamaran kerja atau CV yang juga dilampirkan. 

Artikel Terkait  Cara Membalas Email Panggilan Interview

Gunakan Bahasa Formal

Tips selanjutnya yang bisa diaplikasikan ketika membuat body email untuk melamar pekerjaan adalah dengan menggunakan bahasa formal. Penulisan body email dengan bahasa baku akan menunjukkan profesionalitas seseorang yang sedang mencari pekerjaan. Hindari juga penggunaan bahasa Inggris yang dicampur dengan bahasa Indonesia, serta penggunaan singkatan yang mengesankan tulisan informal.

Periksa dan Review Kembali

Setelah berhasil menyusun kalimat-kalimat singkat untuk body email saat melamar pekerjaan, yang perlu dilakukan adalah memeriksa kembali susunan kata dan kalimat yang akan dikirimkan, jangan sampai ada kata yang salah ketik atau kalimat yang rancu. 

Kirim Email di Jam Produktif

Hal terakhir yang harus diperhatikan saat mengirimkan email untuk melamar pekerjaan di sebuah pekerjaan adalah waktu pengirimannya. Sebagai orang profesional yang secara formal mengirimkan lamaran pekerjaan, sebaiknya perlu mengetahui jam produktif perusahaan yang dituju.

Setiap perusahaan memang memiliki jam produktif masing-masing sesuai dengan aturan perusahaan, namun pada umumnya jam produktif di Indonesia untuk para pekerja adalah di antara jam 8 pagi hingga jam 4 sore, di lima hari kerja yaitu senin hingga jumat. Maka, pastikan untuk mengirimkan email sesuai jam-jam tersebut. 

Contoh Body Email Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui isi body email dan tips cara menulisnya. Para pencari kerja bisa melihat contoh dibawah ini untuk dijadikan referensi!

Contoh body email

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai cara menulis body email lamaran kerja yang baik dan benar. Tips diatas sangat penting untuk diaplikasikan karena bisa merepresentasikan profesional pelamar kerja sehingga kesempatan dilirik oleh pihak HRD semakin besar. Semoga informasi yang dituliskan di atas bisa bermanfaat!

Artikel Terkait  Apa yang harus Dipelajari dari Surat Perjanjian Kerja?

Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *