Ingin Mencari Lowongan Kerja Langsung Diterima? Begini Caranya!

Mencari lowongan kerja

Mencari lowongan kerja langsung diterima adalah impian semua orang. Tetapi, pada kenyataannya jumlah pencari kerja berbanding terbalik dengan peluang kerja yang disediakan oleh perusahaan dan badan usaha lainnya.

Meskipun begitu, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar pekerjaan impian bisa segera didapatkan. Salah satunya dengan membekali diri dengan pelatihan dan pengembangan diri untuk memenuhi tuntutan spesifikasi yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja.

Lalu, bagaimana caranya untuk mencari lowongan kerja langsung diterima? Simak informasi selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Tips Mendapatkan Lowongan Kerja Langsung Diterima

Ini dia beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan saat mencari pekerjaan, agar lamaran lebih cepat dilirik oleh pihak perusahaan!

Cari Pekerjaan Bidang dan Keahlian yang Dimiliki

Agar bisa segera mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, cara pertama yang harus dilakukan adalah mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan latar belakang keilmuan yang dimiliki. Probabilitas untuk mendapatkan pekerjaan sesuai keahlian yang dimiliki akan lebih besar jika dibandingkan dengan mencoba melamar pekerjaan yang di luar jalur, baik secara bidang keahlian ataupun pendidikan.

Biasanya setiap lowongan pekerjaan ada spesifikasi atau persyaratan khusus yang mesti dipenuhi oleh pelamar kerja. Perusahaan membuat spesifikasi tersebut untuk mempermudah menjaring kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk mengerjakan jobdesc-jobdesc yang akan dikerjakan. 

Bekali Diri dengan Pelatihan yang Relevan

Biasanya ketika sedang mencari pekerjaan, seseorang larut pada aktivitas mencari kerja sampai lupa untuk meningkatkan kapasitas diri. Sebenarnya ketika masih dalam proses mencari pekerjaan, seseorang bisa sambil meng-upgrade kemampuan diri dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang relevan dengan bidang pekerjaan yang diimpikan.

Misalnya, saat sedang mencari pekerjaan atau menunggu pengumuman penerimaan kerja, alangkah lebih baik jika mengisi waktu dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga pemerintah seperti Balai Pelatihan Kerja (BLK), atau mengikuti workshop dari penyelenggara swasta. 

Artikel Terkait  Info Lengkap Rekrut Kereta Api co id

Sesuaikan Lamaran dan CV yang Dikirimkan

Hal yang tidak kalah penting saat sedang mencari lowongan kerja langsung diterima adalah dengan menyesuaikan lamaran pekerjaan beserta Curriculum Vitae (CV) yang dikirimkan dengan ketersediaan posisi kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Pihak HRD biasanya akan menyeleksi lamaran kerja dan CV sesuai dengan kebutuhan pekerja yang mereka inginkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat draf lamaran kerja yang berbeda untuk setiap lowongan kerja yang berbeda pula. 

Jalin Koneksi Lebih Luas

Membangun jaringan sosial yang luas ternyata bisa sangat berpengaruh pada peluang mendapatkan pekerjaan. Beberapa perusahaan seringkali tidak mau terlalu repot untuk melakukan open recruitment saat menjaring pekerja baru, mereka yang ingin lebih simpel terkadang hanya melakukan perekrutan tertutup lewat jejaring karyawan yang sudah bekerja sebelumnya.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi para pencari kerja untuk mengenal banyak orang agar informasi mengenai ketersediaan lowongan kerja bisa didapatkan secara eksklusif. 

Lengkapi dan Perbanyak Portofolio 

Terakhir, agar bisa berhasil mencari lowongan kerja langsung diterima adalah dengan melengkapi lamaran pekerjaan dengan sejumlah portofolio pekerjaan yang sudah pernah dilakukan. Hal ini khusus untuk para pekerja di bidang tertentu, misalnya seperti arsitek, desain grafis, content writer, dan sebagainya.

Sebagai pekerja yang sudah bisa menghasilkan karya berupa pekerjaan, tentunya sangat penting untuk mengumpulkan hasil kerja dan merangkumnya menjadi portofolio yang bisa dijadikan bahan pertimbangan tambahan untuk perusahaan yang ingin merekrut.

Artikel Terkait  Tips Mencari Lowongan Kerja Hari Ini

Nah, itu dia informasi lengkap mengenai tips yang bisa dilakukan untuk mencari lowongan kerja langsung diterima. Pastikan untuk mengaplikasikan tips yang sudah disebutkan agar jalan untuk mendapatkan pekerjaan impian segera terwujud!


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *