Info Lengkap Rekrut Kereta Api co id

Rekrut Kereta Api co id

Seluruh informasi tentang rekrut Kereta Api co id kini sudah tersedia dalam satu website resmi yang dibuat khusus oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero), yaitu e-recruitment.kai.id. Rekrutmen melalui website ini diinformasikan secara terbuka dan semua seleksi yang dilakukan tidak dipungut biaya apapun.

Berikut ini adalah informasi lengkap tentang rekrut Kereta Api co id, khususnya daftar job profil atau profesi yang dibutuhkan!

Job Profil di Rekrut Kereta Api co id

Kondektur

Kondektur merupakan pegawai yang diserahi tugas membantu masinis dalam urusan perjalanan kereta api dan urusan langsir bilamana di stasiun tersebut tidak ada juru langsir, serta mengkoordinasikan pelaksanaan tugas petugas lain di dalam kereta api.

Kondektur tidak hanya memeriksa Tiket para penumpang. Namun Kondektur ini juga bertugas memimpin seluruh staf di dalam kereta api agar terselenggaranya pelayanan kepada seluruh penumpang selama perjalanan kereta api, melayani kebutuhan , masukan dan keluhan penumpang serta memastikan bahwa penumpang menerima pelayanan di atas KA sesuai 7S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun, Semangat, Siap melayani).

Masinis

 Masinis merupakan pegawai yang bertugas mengoperasikan kereta api dan langsiran serta sebagai pemimpin selama dalam perjalanan kereta api. Masinis bertanggung jawab untuk mempercepat, memperlambat atau menghentikan kereta api mengikuti/mematuhi sinyal kereta api, semboyan dan menjamin keselamatan kereta api yang dijalankannya sehingga dapat dikatakan masinis adalah kepala perjalanan.

Operator Kendaraan Perawatan Jalan Rel (KPJR)

Operator KPJR memiliki tugas mengoperasikan KPJR yang merupakan salah satu alat berat di dunia perkeretaapian yang berfungsi untuk melakukan perawatan jalan rel dengan cara memadatkan batu-batu yang ada di bawah bantalan (ballast) atau kricak. Batu ballast itu akan dipadatkan oleh tamping unit yang ada di kereta tersebut. KPJR juga berfungsi memperbaiki keselarasan rel untuk membuatnya tetap sejajar, mudah dilewati kereta penumpang dan barang, serta mengurangi tekanan mekanik pada rel terhadap kereta yang lewat.

Artikel Terkait  Pekerja Minyak Lepas Pantai (Offshore). Seperti Apa Gambarannya?

Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA)

Pengatur PPKA merupakan pekerjaan seorang profesional yang membutuhkan keahlian khusus dan kedisiplinan tinggi yang bertanggung jawab mengatur dan melakukan segala tindakan untuk menjamin keselamatan dan ketertiban berikut segala sesuatu yang berkaitan dengan urusan perjalanan kereta api dan urusan langsir dalam batas stasiunnya untuk wilayah pengaturan setempat atau beberapa stasiun untuk wilayah pengaturan daerah.

Petugas Langsir/Petugas Rumah Sinyal (PLR/PRS)

Petugas Langsir (PLR) bertugas memandu pergerakan rangkaian kereta, gerbong, atau hanya lokomotif untuk berpindah jalur rel. Perpindahan jalur terutama diperlukan untuk memisahkan atau merangkaikan kereta atau gerbong. Sedangkan Petugas Rumah Sinyal (PRS) bertugas mengoperasikan wesel dan persinyalan dari rumah sinyal untuk mengontrol pergerakan kereta api.

Petugas Negative Check (PNC) Sintelis/Listrik Aliran Atas

Petugas Negative Check Sinyal, Telekomunikasi dan Listrik (PNC Sintelis) bertugas melakukan pemeriksaan dan perawatan peralatan sinyal, telekomunikasi, dan administrasi meliputi perawatan berkala, tidak berkala, korektif, dan lainnya. Hal ini untuk menjaga agar peralatan sinyal dan telekomunikasi kereta api tetap andal dan dalam kondisi yang baik.

PNC LAA memiliki tugas melakukan pemeriksaan dan perawatan peralatan listrik aliran atas, dan administrasi meliputi perawatan berkala, tidak berkala, korektif, dan lainnya. Hal ini untuk menjaga agar peralatan listrik aliran atas pada sistem perjalanan kereta api tetap andal dan dalam kondisi yang baik.

Polisi Khusus Kereta Api

Kepolisian Khusus atau Polsus merupakan instansi dan/atau badan pemerintah yang oleh atau atas kuasa undang-undang diberi wewenang untuk melaksanakan fungsi Kepolisian di bidang teknisnya masing-masing. Polsus ini bertugas sebagai pihak yang membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam melaksanakan tugasnya sebagai Pengemban Fungsi Kepolisian.

Artikel Terkait  Rekomendasi Aplikasi Storyboard Online Terbaik

Teknisi Jalan Rel dan Jembatan

Teknisi Jalan Rel dan Jembatan adalah pekerjaan yang tidak kalah pentingnya dalam keselamatan dan kelancaran perjalanan kereta api, pekerjaan ini memelihara jalan rel (bangunan atas/bawah) berikut segala peralatannya, perlengkapannya, sehingga tiap-tiap bagiannya dapat dengan aman dilalui dengan kecepatan puncak yang telah ditentukan.

Teknisi Sarana

Teknisi Sarana Perkeretaapian bertugas melaksanakan pemeriksaan dan perawatan sarana kereta api beserta komponen pendukung dan perlengkapannya. Pemeriksaan sarana kereta api dilakukan untuk mengetahui/memastikan kondisi dan fungsi sarana. Sedangkan, perawatan sarana meliputi perawatan berkala dan perbaikan untuk mengembalikan fungsinya.

Teknisi Workshop Depo Mekanik Jalan Rel & Jembatan

Teknisi Workshop Depo Mekanik Jalan Rel & Jembatan bertugas dalam pemeriksaan dan perawatan kendaraan perawatan jalan rel (KPJR) beserta komponen pendukung dan perlengkapannya. Pemeriksaan kendaraan perawatan jalan rel (KPJR) dilakukan untuk mengetahui/memastikan kondisi dan fungsi kendaraan perawatan jalan rel (KPJR) serta melakukan pemeliharaan dan perbaikan terhadap peralatan untuk perawatan jalan rel dan jembatan.

Itu dia informasi lengkap tentang rekrut Kereta Api co id. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat!


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *