Job Fair Sleman 2024 Digelar Mei ini

job fair Sleman 2024

Disnaker Sleman bermitra dengan Pusat Pasar Kerja (Pasker) Kementerian Ketenagakerjaan RI untuk menghadirkan sebuah acara yang menarik! Job Fair Sleman 2024 akan diselenggarakan pada tanggal Kamis, 16 Mei 2024 hingga Jumat, 17 Mei 2024, dari pukul 10.00 hingga 16.00 WIB. Tempatnya? Exhibition Hall dan Atrium Shinta, Sleman City Hall (SCH), yang berlokasi di Jalan Gito Gati, Denggung, Tridadi, Sleman.

Dengan tema “Makaryo Gayuh Urip Mulyo”, acara ini mengundang Rekanaker yang mungkin masih bingung dalam memilih karier untuk mulai mengatur diri mereka menuju kehidupan yang lebih nyaman. Ada 40 perusahaan yang akan hadir dalam Job Fair Sleman 2024. Yang menarik, acara ini akan diadakan secara hybrid, menggabungkan antara daring (online) dan luring (offline).

Berikut adalah beberapa perusahaan yang terdaftar dalam job fair kali ini:

  • Kusuma Sandang Mekarjaya
  • PT Jembatan Citra Nusantara
  • The Alana Hotel & Convention Center Yogyakarta (PT. Saraswanti Indoland Development)
  • Achsada
  • Rskia Sadewa
  • Sukses Mandiri Utama
  • PT. Lion Super Indo
  • Dutawibawa Manda Putra
  • PT Mataram Tunggal Garment
  • PT Indomarco Prismatama Cabang Yogyakarta
  • PT. Gameloft Indonesia
  • Anggun Kreasi Garmen
  • Telmark Integrasi Indonesia

Untuk mengikuti job fair bisa melakukan pendaftaran di halaman Job Fair Kemenaker

Persiapan Sebelum Mengikuti Job Fair Sleman 2024

Mendatangi job fair adalah langkah yang bagus untuk mencari peluang karier. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menghadiri job fair:

  1. Resume yang Diperbarui: Pastikan resume Anda sudah diperbarui dan sesuai dengan posisi yang Anda inginkan. Bawa beberapa salinan yang cukup untuk didistribusikan kepada berbagai perusahaan.
  2. Pakaian yang Pantas: Kenakan pakaian yang sesuai dengan budaya perusahaan yang Anda targetkan. Biasanya, pakaian formal atau setidaknya semi-formal akan cocok untuk job fair.
  3. Pesan Elevator Pitch: Persiapkan pidato singkat tentang diri Anda, pengalaman kerja, dan keterampilan Anda. Ini akan membantu Anda untuk mengenalkan diri dengan singkat dan meyakinkan kepada para perekrut.
  4. Penelitian Perusahaan: Kenali perusahaan-perusahaan yang akan hadir di job fair. Ketahui profil mereka, posisi-posisi yang mereka tawarkan, dan budaya kerja mereka. Ini akan memungkinkan Anda untuk lebih terfokus dalam interaksi Anda dengan mereka.
  5. Pertanyaan yang Tepat: Siapkan pertanyaan yang relevan untuk diajukan kepada perwakilan perusahaan. Ini menunjukkan minat Anda dan dapat memberi Anda wawasan lebih lanjut tentang kesempatan yang tersedia.
  6. Membawa Catatan: Bawa pulpen dan buku catatan untuk mencatat informasi penting yang Anda dapatkan dari berbagai perusahaan, seperti nama kontak, alamat email, dan detail posisi yang diinginkan.
  7. Jaringan: Manfaatkan kesempatan untuk berkenalan dengan orang-orang dari industri yang Anda minati. Jaringan dengan sesama pencari kerja atau bahkan dengan perwakilan perusahaan dapat membuka pintu bagi peluang di masa depan.
  8. Siapkan Pertanyaan Tentang Job Fair: Pastikan Anda memahami lokasi, jam buka, dan aturan-aturan job fair. Hal-hal seperti apakah ada seminar atau workshop yang diadakan, apakah ada dress code khusus, dan lain sebagainya.
  9. Siapkan Follow-up: Setelah job fair selesai, pastikan untuk melakukan follow-up dengan perusahaan-perusahaan yang menarik minat Anda. Kirim email ucapan terima kasih dan sampaikan minat Anda untuk mengikuti proses seleksi lebih lanjut.
Artikel Terkait  Kisah Inspiratif Korban PHK. Ketahui Yuk!

Tips Menarik Minat HRD Saat Job Fair

Untuk menarik minat HRD (Human Resources Department) dalam merekrut Anda saat acara job fair, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Tampilkan Kepercayaan Diri dan Profesionalisme: Saat berinteraksi dengan HRD, tunjukkan kepercayaan diri dan sikap profesional. Berbicaralah dengan sopan, jaga postur tubuh yang baik, dan pertahankan kontak mata yang tepat.
  2. Sampaikan Pidato Elevator yang Kuat: Ketika memperkenalkan diri, sampaikan pidato elevator yang menarik dan relevan. Soroti pengalaman dan keterampilan Anda yang sesuai dengan posisi yang mereka tawarkan.
  3. Berikan Penekanan pada Prestasi dan Kontribusi: Ceritakan tentang prestasi dan kontribusi Anda di tempat kerja sebelumnya. Bagikan pengalaman yang menunjukkan kemampuan Anda untuk menyelesaikan tugas dengan baik dan memberikan nilai tambah bagi perusahaan.
  4. Tunjukkan Minat yang Tulus: Tunjukkan minat yang tulus terhadap perusahaan dan posisi yang mereka tawarkan. Berbicaralah tentang alasan Anda tertarik dengan perusahaan tersebut dan bagaimana Anda percaya Anda dapat berkontribusi pada kesuksesan mereka.
  5. Tanyakan Pertanyaan yang Mendalam: Tanyakan pertanyaan yang mendalam tentang perusahaan, budaya kerja, dan posisi yang tersedia. Ini menunjukkan minat Anda yang dalam dan kemauan Anda untuk memahami lebih lanjut tentang peran yang Anda lamar.
  6. Sesuaikan Pembicaraan dengan Kebutuhan Perusahaan: Ketika berbicara dengan HRD, fokuskan pembicaraan Anda pada cara Anda dapat memenuhi kebutuhan perusahaan. Tinjau ulang penelitian Anda tentang perusahaan dan sampaikan cara Anda dapat memberikan nilai tambah yang signifikan.
  7. Tunjukkan Keterbukaan untuk Pembelajaran dan Pengembangan: Jika relevan, tunjukkan keterbukaan Anda untuk terus belajar dan berkembang. Ini menunjukkan bahwa Anda memiliki sikap yang proaktif dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda.
  8. Follow-up dengan Profesionalisme: Setelah berinteraksi dengan HRD, pastikan untuk melakukan follow-up dengan email ucapan terima kasih. Gunakan kesempatan ini untuk menegaskan minat Anda dalam posisi tersebut dan mengungkapkan harapan Anda untuk berbicara lebih lanjut tentang kesempatan tersebut.
Artikel Terkait  Formasi CPNS untuk Fresh Graduate

Dengan mempersiapkan diri dengan baik sebelum mendatangi job fair, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk menarik perhatian para perekrut dan memperoleh peluang karier yang diinginkan.

Lokasi & Kontak:

Sutiasih, S.P., M.M. (081228559670)

Alamat: Jalan Gito Gati, Denggung, Kalurahan Tridadi, Kapanewon Sleman, Kabupaten Sleman, KAB. SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *