Tips Lolos Tes Wawancara OSIS

tes wawancara OSIS

Bagi kamu pecinta OSIS, pasti kamu tahu sudah, apa organisasi intra ini? Organisasi intra sekolah ini, masih tetap eksis, mengingat pengurusnya tidak asal-asalan diterima. Anggota OSIS, diawasi oleh yang namanya MPK, dan proses seleksinya lumayan panjang.

OSIS, kepanjangan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah, organisasi yang paling tinggi di sekolah, selain MPK. Kita, secara tidak langsung akan belajar yang namanya organisasi dan bersosialisasi disana. Dengan mengikuti OSIS, kita bisa terbantu untuk memperbaiki CV dalam hal pengalaman.

Tentang OSIS

Tes wawancara, menjadi salah satu tahapan dari seleksi OSIS, dan terdapat beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan pemantapan, sehingga kadang-kadang pertanyaan ini membuat ragu. Secara tidak langsung, kamu dituntut untuk aktif menjadi siswa dan berkelakuan baik.

Contoh pertanyaan wawancara, bisa kamu cek di bawah ini:

1. Apa Motivasi Kamu Daftar OSIS?

Pertanyaan ini, sering diajukan pertama kali dan motivasi yang kita miliki, mempengaruhi penilaian kita dalam diterima maupun tidak. Motivasi, dianggap menjadi hal penting, sehingga kita bisa memiliki komitmen yang kuat dalam menjadi anggota OSIS.

2. Apa Posisi yang Diinginkan dalam OSIS?

Posisi, menjadi salah satu hal yang tidak luput dalam pertanyaan. Alasan kamu memilih posisi tersebut dan penjelasan keahlian atau kemampuanmu dalam mendukung keahlian tersebut. Untuk jabatan tertinggi, adalah ketua OSIS, dan pengurus intinya, baru ada ketua Sekbid, dan anggota.

3. Siapa Panutan Kamu?

Disini maksudnya, adalah panutan yang kamu suka dalam hidup, misal artis, orang tua, atau anggota dari OSIS sendiri? Yang membuat kamu jadi termotivasi untuk daftar jadi OSIS. Dari sini, penguji akan tahu kepribadianmu dan cara berpikir.

4. Kelebihan dan Kekurangan Kita

Yah, kita pasti ditanya tentang kekurangan dan kelebihan kita. Sehingga, kita harus siap bisa menjawab akan hal ini. Kita harus mengukur diri, bagaimana kelebihan dan kekurangan kita. Lebih baik, jawab kelebihan dan kekurangan saat ini, jadi update! Tanpa memandang masa lalu yang belum tentu masih.

Artikel Terkait  5 Cara Memperkenalkan Diri Out of The Box di Depan HRD

5. Jika Diterima di OSIS, Apa yang akan Kamu Lakukan?

Ini pertanyaan yang biasanya dilontarkan, maka jawaban yang tepat adalah ketahui seluk beluk dari OSIS dan jabatan yang kamu tuju, sehingga nantinya tidak akan canggung atau salah terlalu mengenai apa yang harus dilakukan. Kamu sudah harus memiliki rencana, atau setidaknya mempersiapkan ini.

Kriteria Pengurus OSIS

Biasanya, pengurus OSIS, memiliki kriteria-kriteria tertentu, yang dijadikan anggotanya, diantaranya:

  1. Memiliki pikiran terbuka, berperilaku jujur, dan berpikir kritis (masa depan).
  2. Bersikap adil, dan bijaksana, selain itu juga berani dalam kebenaran.
  3. Memiliki rasa rendah hati, dan bertanggung jawab.
  4. Cekatan, dan sopan santun, murah senyum.
  5. Disiplin dan mempunyai kemampuan dalam mengelola waktu secara baik.
  6. Memiliki pikiran dan berjiwa positif.
  7. Memiliki jiwa sebagai seorang pemimpin, dan bersikap tegas.
  8. Mampu mematuhi peraturan yang ada, baik di sekolah maupun OSIS itu sendiri.
  9. Siap menjadi panutan antar siswa.

Tahapan dalam Wawancara OSIS SMA

Dalam tahap wawancara, terdapat beberapa alur yang harus dilalui, diantaranya:

1. Menjawab Pertanyaan

Sesi ini, biasanya dimasukkan pada sesi pertama, yang mana berisikan pertanyaan kepada calon anggota OSIS yang ingin daftar. Penting menjawab pertanyaan ini dengan tepat. Pertanyaannya, bisa kamu cek di penjelasan sebelumnya.

2. Melakukan Tes Pidato

Di tahap ini, akan dihadiri oleh calon anggota OSIS yang lolos pada tahap 1. Seorang siswa, dites harus bisa berpidato sekaligus tes dalam menyampaikan pendapat apakah bisa? Hal ini sangat penting, karena OSIS menjadi figure dari siswa itu sendiri. Harus pandai berbicara adalah kata kunci.

Artikel Terkait  Perbedaan PNS, ASN, dan PPPK (P3K). Berikut Penjelasannya!

3. Tes Bakat dan Minat

Tes bakat dan minat, lebih melihat kepada kemampuan seseorang terhadap dirinya sendiri, atau suatu bidang. Jadi, dari situ akan ketahuan orang tersebut akan ditempatkan di posisi mana. Kadang, masih ada siswa yang diterima OSIS tapi tidak sesuai dengan posisi yang ia lamar.

Itulah, tips lolos wawancara jadi OSIS. Pastikan, kamu baca kisi-kisi di atas.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *