Tidak Pede di Kantor? Coba Tips Ini

tips pede di kantor baru

Setelah mendapat pengumuman diterima kerja, mungkin kita merasa pede, namun pada saat bekerja dalam lingkungan yang baru biasanya kita memerlukan adaptasi dengan ritme kerja dan kultur kerja disana, lalu bagaimana membuat kita merasa nyaman sehingga tetap pede dalam menghadapi berbagai dinamika pekerjaan?

Jika kamu adalah seorang karyawan baru, maka kamu bisa jadi merasa minder pada rekan kerja yang sudah terlebih dahulu ada, pengalaman kamu sebagai new comer di kantor tentu belum sebaik mereka, namun hal tersebut bukan menjadi alasan untuk tidak percaya diri dengan kualitas diri kita.

Agar kamu tidak terlarut dalam suasana tidak menyenangkan yang mungkin bisa mengganggu harapanmu untuk bisa cepat beradaptasi dengan budaya kerja disana, kamu perlu menerapkan beberapa tips berikut ini

Berinteraksi dengan Pegawai Lain

Sebagai anak baru di perusahaan, kamu harus sering berinteraksi dengan pegawai lain yang lebih senior dari kamu. Memberanikan diri berinteraksi akan membuatmu memiliki komunitas kerja kamu sendiri. Tentunya semakin intens komunikasi kalian maka akan membantu penyelesaian pekerjaan kantor.

Pegawai senior juga dapat memberitahukan berbagai tips yang bisa kamu ikuti agar dapat cepat nyetel dengan tim kamu.

Jangan Takut Membuat Kesalahan

Anak baru membuat kesalahan adalah hal biasa, karena mereka belum terbiasa dengan karakter kerja dan tata kelola perusahaan, membuat kesalahan adalah hal baik agar kamu bisa mengingat mana yang perlu kami berikan atensi lebih.

Dengan melakukan kesalahan, kamu akan terhindar dari hal yang sama di masa yang akan datang. Lagipula, di mata bos, mana ada sih pegawai yang kerjanya gak pernah salah?

Ketakutan terbesar manusia hanya ada dalam pikirannya, so, gak ada tuh ketakutan yang bisa jadi nyata 100%, itu hanya ada dalam bayangan kamu saja.

Artikel Terkait  Pengertian Proposal Bisnis

Adaptasi dan Nyamankan Diri

Bisa jadi kamu mendapat meja kerja yang tidak sesuai dengan ekspektasi kamu saat melamar pekerjaan. But, percayalah, meja kerja hanyalah alat untuk membantu menyelesaikan pekerjaan, begitu juga perangkat lain yang kamu gunakan.

Namun pada dasarnya, perusahaan membutuhkan keahlian kamu sehingga mereka mau merekrut dan mempekerjakan kamu. Jadi tidak perlu khawatir kamu hanya perlu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan ruang kerja kamu.

Kamu bisa membuat meja kerja kamu nyaman seperti yang kamu inginkan untuk mendukung kinerja kamu nantinya.

Mempelajari Dinamika Kantor

Saat melamar pekerjaan, kamu tentu harus sudah tahu gambaran kasar mengenai posisi yang kamu lamar. Setelah diterima, tugas kamu adalah memastikan kamu bisa mendapatkan gambaran detail mengenai pekerjaan kamu.

tips pede di kantor baru

Mulai dari ritme kerja, kebiasaan, target yang harus dicapai, dan komunikasi team yang dibangun. Kamu perlu belajar banyak dari rekan-rekan kerja kamu agar bisa tetap menyesuaikan diri dengan kebutuhan perusahaan.

Dengan mempelajari dinamika kantor tersebut, kamu bisa menjadi lebih siap dan tidak lagi canggung saat diminta presentasi oleh atasan, atau menghubungi calon klien.

Terus Asah Skill dan Wawasan

Semakin lama kamu berada di kantor, maka kamu akan semakin sadar bahwa skill kamu sebelum bergabung di perusahaan masih belum apa-apa dibanding kebutuhan perusahaan yang terus dinamis sesuai perkembangan zaman.

Upayakan untuk terus memperkuat skill dan wawasan di bidang pekerjaan yang sedang kamu geluti.

Artikel Terkait  Skill Kerja Paling Dibutuhkan di 2024

Nah itulah beberapa tips untuk mengurangi rasa tidak pede saat bekerja di kantor. Tentu saja, saran utama untuk kalian yang ingin tetap tampil pede di kantor adalah, terpilih masuk sebagai pegawai dulu tentunya 🙂


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *