10 Skill Keterampilan Kerja Paling Dibutuhkan 2022

10 skill keterampilan kerja paling dibutuhkan 2022

Skill atau keterampilan kerja seperti apa yang dibutuhkan oleh dunia kerja dari para pegawai mereka? Saat pihak HRD memutuskan untuk menghire seseorang dalam daftar wawancara kerja, tentu ada beberapa hal yang mereka pertimbangkan.

Hal utama yang dibutuhkan adalah terkait skill atau keterampilan calon karyawan untuk mengisi posisi yang lowong di perusahaan. Lantas, apa saja sih skill yang harus dimiliki oleh calon tenaga kerja?

Berikut ini adalah daftar 10 skill keterampilan kerja yang paling dibutuhkan di tahun 2022.

Kemampuan Problem Solving

Enam puluh dua persen perekrut menjadikan kemampuan memecahkan masalah sebagai keterampilan yang mereka pertimbangkan untuk menerima seorang calon pekerja.

Mengapa hal tersebut terjadi? karena dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan akan selalu menghadapi banyak kendala dan tantangan di depan. Tanpa kemampuan pemecahan masalah, perusahaan tidak akan mampu bersaing dan berkembang di masa yang akan datang.

Kemampuan problem solving biasanya merupakan serangkaian kompetensi antara lain

  • Kemampuan menganalisis fakta dan angka
  • Kemampuan mendefinisikan tantangan ke depan
  • Kemampuan menyusun rencana cadangan dan darurat
  • Kemampuan untuk menilai sebuah proses
  • Kemampuan menciptakan dan mengimplementasi sebuah solusi

Keterampilan Komunikasi

10 skill keterampilan kerja paling dibutuhkan 2022

Bagi sebagian besar staf HRD, keterampilan komunikasi secara efektif merupakan hal yang sangat penting dalam daftar keterampilan kerja yang harus dimiliki oleh karyawan.

Tanpa adanya kemampuan komunikasi yang baik, tugas sebuah tim atau divisi akan berantakan, tim juga tidak akan mampu bekerjasama dengan divisi lain karena ketidakmampuan mereka membangun komunikasi yang baik dengan stake holder pada divisi lain.

Kemampuan Beradaptasi

Di masa kini, kemampuan beradaptasi dengan perubahan merupakan tantangan yang perlu dialami oleh setiap individu dalam perusahaan. Baik berkaitan dengan kemunculan teknologi baru, persaingan baru, kompetitor baru, model bisnis baru, dan lain sebagainya.

Seorang pegawai harus mampu beradaptasi dengan tuntutan bisnis yang berkembang dengan cepat. Tanpa kemampuan adaptasi sebuah perusahaan tinggal menunggu untuk mati suri.

Kemampuan Berkolaborasi

Kemampuan lain yang tidak kalah penting adalah kemampuan untuk melakukan kolaborasi atau bekerjasama, kemampuan ini membutuhkan prasyarat kemampuan berkomunikasi dengan baik.

Namun, kemampuan berkomunikasi tanpa dibarengi kemampuan berkolaborasi hanya akan mempersulit pencapaian tujuan perusahaan. Dengan berkolaborasi dengan partner kerja, divisi lain bahkan pihak di luar perusahaan untuk meningkatkan kinerja adalah hal yang mutlak diperlukan.

Kemampuan kolaborasi juga membutuhkan kemampuan untuk mengenali kekuatan dan kelemahan setiap anggota tim, menerima pertanggungjawaban sesuai kesepakatan dan menyelesaikan permasalahan yang timbul

Manajemen Waktu

Setiap kemampuan di atas tidak akan memberikan hasil yang maksimal tanpa kemampuan manajemen waktu yang baik. Sebagai manusia, kita memiliki waktu yang sama, dengan kebutuhan yang berbeda. Baik untuk bekerja, mengurus rumah tangga dan lain sebagainya.

Manajemen waktu yang buruk, biasanya berdampak pada efektifitas dan kemampuan seorang pekerja dalam menyelesaikan tugasnya tepat waktu. Manajemen waktu adalah bentuk tanggungjawab seorang individu bukan hanya terkait pekerjaan, tetapi juga kehidupannya secara keseluruhan.

Kemampuan Mengorganisir

Kita selalu berharap bisa terus mendapatkan peningkatan karir, tidak selalu ada di entry level tetapi terus berkembang sampai ke titik tertinggi yang bisa kita capai. Dan dalam proses ini dibutuhkan kemampuan karyawan untuk mengorganisir pekerjaan, waktu, serta sumber daya.

Mulai dari mengelola tugas dan orang, memprioritaskan jenis pekerjaan serta mendelegasikan pekerjaan kepada anggota tim.

Penggunaan Teknologi

Jika anda bekerja di perusahaan teknologi, atau bidang apapun, tetap saja anda harus paham terhadap teknologi, terutama terkait teknologi yang digunakan dalam bidang perusahaan anda nantinya.

Apakah itu berkaitan dengan kemampuan IT, mesin, maupun teknologi lain yang digunakan dalam perusahaan. Kemampuan perangkat lunak dan perangkat keras di bidang IT termasuk menjadi salah satu yang paling dibutuhkan di tahun 2022 ini.

Kemampuan Menggunakan Informasi

Informasi adalah mata uang baru di abad 21, kita bisa melihat, berbagai startup unicorn dan decacorn tumbuh dalam kurun waktu 10 tahun terakhir karena kemampuan mereka menggunakan dan mengolah informasi. Kemampuan ini termasuk menemukan informasi, mengatur, menganalisis, menarik kesimpulan serta mengkomunikasikannya kepada pihak lain.

Online travel agency, marketplace dan ride hauling apps misalnya, mereka mengetahui informasi orang yang butuh akomodasi, hotel, transportasi, kuliner, dan dimana bisa menemukannya dengan cepat dan menghadirkan solusinya langsung kepada mereka.

Antusiasme

Mungkin anda berpikir bahwa antusiasme cenderung pada hal-hal bersifat hobi, namun dalam pekerjaan, antusiasme juga menjadi penentu apakah seseorang cukup memiliki daya tahan saat menghadapi masalah.

Seseorang yang antusias dengan pekerjaannya akan lebih tahan banting, tahan stress serta tidak menunjukkan tanda-tanda menyerah menghadapi tantangan. Mereka akan berkembang lebih cepat dibanding karyawan lain.

Kemampuan Kepemimpinan

Keterampilan terakhir yang ada dalam daftar ini adalah kemampuan memimpin. Seorang leader, harus dapat menunjukkan keterampilan manajemen, komunikasi, kolaborasi, organisasi dan berempati secara baik agar dapat menjadi teladan bagi anggota timnya.

Nah itulah 10 jenis keterampilan yang paling dibutuhkan perusahaan di tahun 2022

1 Comment

  1. sangat penting memiliki softskill selain hardskill di atas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *