Kisah Inspiratif Korban PHK. Ketahui Yuk!

pemutusan kerja

PHK, sudah menjadi hal biasa dalam dunia pekerjaan. Tinggal lihat, dalam skala kecil atau sedang. Ada juga perusahaan yang melakukan PHK secara besar-besaran. Kemudian, banyak pengalaman dari banyak mantan karyawan yang ingin membuka usaha atau bekerja mandiri tanpa di bawah orang.

Di tahun 2022 ini, sudah mulai kelihatan bahwa perekonomian kita, Indonesia mulai menyudut, dan di akhir tahun ini juga tidak sedikit jumlah karyawan yang di PHK terjadi. Jadi jangan sampai kita mau berlarut-larut dalam kesedihan, dan kisah inspiratif ini bisa jadi motivasi bersama.

Berikut, salah satu kisah inspiratif yang mana bisa memotivasi kamu untuk jadi independen dalam mencari cuan!

1. Gandha Pratikanantyo

Dari Pantang Menyerah dan Tekad

Dampak positif yang bisa kita ambil hikmahnya dari PHK adalah, kita menjadi kreatif dan tak gampang goyah saat perubahan terjadi secara mendadak. Apalagi Corona yang tidak berhenti-henti untuk hadir sekarang, turut andil dalam kemerosotan ekonomi yang ada.

Salah satu pengalaman yang bisa dibagikan adalah Gandha Pratikanantyo, yang sebelumnya bekerja di bidang jasa atau perhotelan. Gandha sendiri, bekerja di bagian produksi dapur atau chef selama 10 tahun di sebuah hotel yang berada di Solo. Wow, jika dilihat dari durasi kerja tidak sebentar.

Alasan PHK

Alasan kenapa Gandha di-PHK adalah, karena sedang maraknya atau melesunya industri perhotelan yang ada, akibat Corona. Dengan lamanya berdedikasi di sana, tidak menutup kemungkinan dia di-PHK. Pada akhirnya, beliau tidak boleh menyerah dengan keadaan. Harus bisa!

Awalnya, ia mulai dengan merintis usaha sendiri, yaitu menjual makanan ringan dan warung soto. Hal tersebut dilakukan disesuaikan dengan lingkungan yang ada, yang mana warga Solo suka akan sajian ini. Bisnis makanan ini, tidak masuk secara musiman, jadi bisa dikelola sewaktu-waktu.

Artikel Terkait  5 Inspirasi Blazer Kerja Wanita yang Fashionable

2. Yuyun Mardojo

Jadi Koki sebelum di PHK

Dengan adanya pandemi, melumpuhkan banyak hal, termasuk industri perhotelan. Salah satunya, karyawan yang ada juga berimbas terkena PHK, dan bisa dilihat dalam tokoh inspiratif berikut ini, Yuyun Mardojo. Ia pernah bekerja sebagai koki atau juru masak di sebuah hotel di kawasan Sanur, Bali.

Pria asal Surabaya ini, harus berdamai dengan keadaan dan memulai usaha. Dengan bertahan hidup di Bali, ia mulai membuka usaha kue dengan keahlian yang sudah ada. Mulai membuat kreasi kue yang ada, mulai dari bahan dasar sayuran, dan ide-ide kreatif yang ada.

Alasan Bisnis Kue Unik

Ide tersebut, didapat dari keadaan pandemi yang ada, dimana membutuhkan asupan gizi yang banyak termasuk sayur. Karena di Bali tidak terlalu laku, maka kembalilah ia ke Surabaya untuk memulai bisnis ini lagi. Akhirnya, banyak masyarakat yang menerima produk ini dengan senang.

Banyak yang melakukan pemesanan secara online, karena pemasaran utamanya melalui media sosial seperti Instagram dan bersyukur, banyak yang pesan kue tersebut melalui akun official-nya yang bernama @oemahlegitdps. Kue yang banyak diminati adalah carrot cake, dengan bahan dasar wortel.

Kisah inspiratif lainnya, bisa dilihat di lingkungan sekitar kita. Tidak usah jauh-jauh, melalui peristiwa yang ada dan berita yang ada, kamu mampu menyaring informasi-informasi kreatif dan isnpiratif yang berkaitan dengan PHK. Bisa kamu lihat melalui internet atau di lapangan secara langsung.

Artikel Terkait  Mengenal 16 Personality Type dalam Tes MBTI

Pastikan, jangan sampai kamu menyerah dengan keadaan. Karena saat menyerah, maka kamu tidak dapat potensi baru untuk diasah dalam dirimu. Jika ingin berubah, maka harus bergerak dan berinovasi maju.

 


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *