Mengenal Istilah Lay Off dan Cara yang Tepat Menyikapinya

tips pekerja mengalami lay off adalah

Istilah lay off mungkin baru pertama kali kamu dengar, apalagi jika baru terjun di dunia kerja. Istilah ini muncul karena terdapat perusahaan yang melakukan pemberhentian terhadap para pegawainya secara besar-besaran. Tentu saja hal ini menjadi pertanyaan di benak banyak orang.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan lay off ini dan apa perbedaannya dengan pemecatan? Bagaimana pula cara menghadapi lay off jika suatu saat terjadi kepadamu? Agar lebih jelas, mari simak definisi sekaligus cara menyikapi lay off ini.

Definisi Lay Off

Lay off sendiri berbeda dengan pemecatan, yang mana istilah ini merujuk kepada pemberhentian karyawan yang tidak ada hubungannya dengan kinerja karyawan tersebut. Jadi, alasannya memang murni dari perusahaan dan tidak ada kesalahan yang dilakukan oleh karyawan.

Lay off sifatnya sementara, karena jika nanti perusahaan telah stabil maka karyawan yang diberhentikan bisa kembali bekerja. Namun, hal itu tak dapat dipastikan karena bisa saja perusahaan ternyata mengalami kebangkrutan yang menjadikan pemberhentian tersebut permanen.

Bagaimana Cara Menyikapi Apabila Terjadi Lay Off?

Saat dihadapkan pada situasi yang demikian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak terlalu bersedih. Cara menyikapi lay off ini bisa membuat semangat untuk mendapatkan kerja kembali lagi. Kira-kira apa saja cara yang dimaksud? Mari simak!

  • Menenangkan Diri

Menghadapi lay off bukan cara mudah, terutama jika pekerjaan tersebut adalah pekerjaan utamamu. Pastinya akan ada rasa kehilangan dan bingung bagaimana mencari pekerjaan selanjutnya yang tentu saja tidak gampang sama sekali. Memikirkan harus menulis lamaran dan menyebarkannya lagi mungkin membuatmu lelah duluan.

Maka dari itu, tenangkan sejenak dirimu dan pikirkan kembali langkah-langkah yang harus dilakukan. Ambil jeda waktu atau libur selama beberapa saat sebelum mulai mempersiapkan CV dan mulai mencari pekerjaan yang baru lagi. Karena bagaimanapun pikiran yang tenang dapat membuat solusi lebih mudah ditemukan untuk kehidupanmu selanjutnya.

  • Minta Surat Laid-off

tips pekerja mengalami lay off adalah

Sebelum benar-benar berhenti dari pekerjaan sebaiknya kamu minta surat laid-off dulu kepada divisi HR. Sebab surat tersebut sangat penting apabila kamu hendak mencari kerja selanjutnya. Surat ini akan membuatmu bebas dari tuduhan melakukan kesalahan.

Setidaknya surat tersebut bisa jadi bukti jika pemberhentian kerja yang terjadi tidak ada hubungannya dengan kinerjamu selama ini dan memang murni semuanya berasal dari perusahaan. Surat laid-off ini juga bisa jadi rekomendasi agar peluang diterima kerja di perusahaan baru semakin besar.

  • Pahami Kompensasi yang Harus Diterima

Selain 2 poin di atas, untuk menyikapi lay off ini juga harus memahami kompensasi yang akan kamu terima sebagai karyawan yang diberhentikan. Kompensasi pada setiap perusahaan berbeda-beda dan bisa berupa uang pesangon, uang penggantian cuti belum terpakai dan lain sebagainya.

Kemudian jangan lupa untuk memperhatikan besaran gaji yang kamu terima apakah sudah sesuai dengan kesepakatan atau tidak. Jika tidak, maka kamu berhak untuk mengajukan protes atas hal tersebut supaya perusahaan tidak berlaku seenaknya saat momen ini terjadi.

  • Rencanakan Keuangan dengan Baik

Selanjutnya hal yang harus dilakukan adalah dengan melakukan perencanaan keuangan agar gaji serta pesangon yang kamu terima bisa cukup sebelum kamu mendapatkan kerja lagi. Pasalnya mencari kerja tidak mudah dan bisa saja butuh waktu lama.

Mau tidak mau, mulai saat itu kamu harus merencanakan keuangan yang ada agar tidak terlalu boros. Karena bila pengeluaran membengkak, kamu tidak punya lagi pemasukan yang bisa diandalkan setidaknya sampai mendapatkan pekerjaan baru lagi.

  • Manfaatkan Media Sosial

Saat mengalami lay off dan tidak punya pekerjaan baru, kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk mencari pekerjaan freelance. Gunakan skill yang kamu punya selama berada di perusahaan dan menjual jasa secara online, karena saat ini pun tak sedikit yang memilih pekerjaan online dibandingkan offline.

Artikel Terkait  Berapa Gaji Magang Bakti BCA? Cek Selengkapnya Disini!

Media sosial saat ini berperan penting dalam setiap kehidupan masyarakat. Mencari kerja secara freelance sudah cukup mudah asal kamu konsisten melakukan promosi jasa. Dengan begitu setidaknya kamu bisa mendapatkan sedikit pemasukan.

Demikianlah definisi dan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyikapi apabila kamu mengalami lay off dari perusahaan tempat bekerja  Lay off memang tidak mudah bagi sebagian orang, tapi dengan kepercayaan diri sudah pasti bahkan kamu pun bisa melewatinya dengan baik. Semoga bermanfaat!


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *