Bagaimana Cara Menjadi Karyawan Indomaret? Simak Tipsnya Disini!

arywan Indomaret

Indomaret merupakan salah satu waralaba retail tersukses di Indonesia, pertumbuhannya yang pesat berbanding lurus dengan kebutuhan karyawan Indomaret untuk setiap cabang. Lalu bagaimana cara menjadi bagian dari keluarga besar Indomaret? Simak informasi selengkapnya dalam ulasan berikut!

Sekilas Tentang Indomaret, Jaringan Minimarket Sukses di Indonesia

Indomaret adalah jaringan minimarket sukses di Indonesia yang ada dibawah naungan PT Indomarco Prismatama. Toko retail modern yang menjual berbagai macam kebutuhan pokok sehari-hari. Dengan sistem toko yang sudah mengadaptasi sistem informasi digital, serta mengedepankan kenyamanan pelanggan dengan menyediakan tempat yang tertata rapi, Indomaret menjelma menjadi minimarket yang disukai oleh para pelanggan. 

Selain menjadi pelanggan, mungkin sebagian orang juga tertarik untuk menjadi karyawan Indomaret yang dikenal memiliki pembawaan ramah karena selalu menyapa pelanggan yang masuk dengan sapaan khasnya “Selamat datang di Indomaret, selamat berbelanja”. Lowongan kerja di Indomaret ternyata tersedia untuk berbagai lulusan dari mulai SMA. 

Bagaimana Cara Menjadi Karyawan Indomaret?

Untuk menjadi karyawan Indomaret, ada beberapa cara yang bisa ditempuh oleh para pelamar kerja. Pertama adalah dengan mendatangi PT Indomarco Prismatama terdekat di berbagai daerah sambil membawa dokumen lamaran kerja, kedua adalah melalui job portal atau aplikasi, dan terakhir melalui laman resmi Indomaret.

Dokumen yang perlu disiapkan saat melamar kerja di Indomaret adalah sebagai berikut:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • CV terbaru
  • Surat lamaran kerja
  • Surat SKCK
  • Ijazah pendidikan terakhir, jika belum memiliki bisa menggunakan surat keterangan lulus
  • Pas foto ukuran 4×6 
  • Surat keterangan sehat dari rumah sakit atau klinik terdekat

Proses rekrutmen di Indomaret terdiri dari beberapa tahapan diantaranya adalah:

  • Psikotest
  • Tes wawancara/interview dengan pihak Indomaret
  • Tes fisik ( tes ini dilakukan hanya untuk beberapa posisi)
  • Pengumuman diterima bekerja full time di Indomaret
  • Training (Masa percobaan pra menjadi karyawan Indomaret)
  • Mulai bekerja penuh
Artikel Terkait  Kisah Inspiratif Korban PHK. Ketahui Yuk!

Setelah mengikuti tahap-tahap penerimaan kerja di atas, pekerja sudah bisa mulai meniti karir di salah satu retail terbesar di Indonesia dan bisa memiliki kesempatan ditawarkan jenjang karir yang lebih tinggi jika memiliki kinerja yang cukup baik. 

Lowongan Kerja yang Tersedia di Indomaret

Setelah mengetahui bagaimana secara detail bagaimana untuk melamar kerja dan mencoba peruntungan menjadi salah satu karyawan Indomaret, berikut adalah posisi atau jenis pekerjaan yang bisa dilamar.

  • Internship

Posisi ini tersedia untuk para mahasiswa yang ingin mempelajari sistem kerja perusahaan secara langsung. Program internship ini hanya untuk mahasiswa semester 5 keatas, dengan IPK minimal 3,0. 

  • Management Development Program (MDP)

Posisi ini merupakan program pencarian pekerja manajerial yang akan ditempatkan di berbagai departemen bisnis di Indomaret, oleh karena itu MDP ini juga dikenal sebagai program akselerasi lulusan terbaik agar bisa bekerja di posisi yang cukup bergengsi.

Management development program diperuntukkan bagi lulusan S1 dengan usia maksimal 25 Tahun, dan S2 usia maksimal 27 Tahun, dengan IPK minimal 3,0.

  • Management Development Program Specialist

Posisi ini diperuntukkan bagi pekerjaan-pekerjaan spesialis untuk jurusan tertentu seperti teknologi informasi, desain visual, dll. Batas usia untuk mendaftar untuk posisi ini sama dengan Management development program, yaitu lulusan S1 dengan usia maksimal 25 Tahun, dan S2 usia maksimal 27 Tahun.

  • Professional

Posisi ini tersedia untuk para pelamar kerja yang memiliki pengalaman kerja di Indomaret Group. Dengan persyaratan kurang lebih 2 tahun pengalaman kerja, dengan usia maksimal 35 Tahun. 

  • Staff
Artikel Terkait  Contoh Jawaban "Kenapa Kami Harus Menerima Anda?" Saat Wawancara Kerja

Posisi sebagai staff adalah kesempatan kerja yang dibuka untuk para lulusan SMA hingga D3 yang ingin bergabung dengan Indomaret untuk menempati jabatan sebagai kasir, kepala toko, dan posisi yang berkaitan operasional perusahaan lainnya. 

Nah, itu dia informasi tentang bagaimana cara menjadi karyawan Indomaret, semoga ulasan di atas bisa bermanfaat!


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *