Contoh Jawaban “Kenapa Kami Harus Menerima Anda?” Saat Wawancara Kerja

Kenapa Kami Harus Menerima Anda?

Ketika melakukan interview kerja, Anda kerap dihadapkan dengan pertanyaan “kenapa kami harus menerima Anda?”, jawaban dari pertanyaan tersebut harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum proses interview dijadwalkan. Hal tersebut dilakukan karena jawaban dari pertanyaan “kenapa kami harus menerima Anda?” merupakan sesuatu yang krusial dan menjadi salah satu pertimbangan interviewer untuk menerima Anda di perusahaan.

Untuk mempelajari jawaban dari pertanyaan penting tersebut, Anda perlu mempelajari contoh jawaban “kenapa kami harus menerima Anda?”, baik melalui tips dan strategi menjawabnya hingga melihat contoh jawaban yang memiliki potensi besar membuat interviewer terkesan.

Simak selengkapnya dalam ulasan di bawah ini!

Strategi Menjawab Pertanyaan “Kenapa Kami Harus Menerima Anda?”

Untuk menjawab pertanyaan “kenapa kami harus menerima Anda?” pelajari beberapa tips dalam poin-poin berikut ini!

  • Lakukan riset mendalam tentang perusahaan, sebelum melaksanakan proses interview kerja sebaiknya Anda membekali diri dengan pengetahuan yang cukup tentang perusahaan sehingga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan interview secara lancar dan luwes sesuai dengan kondisi perusahaan yang Anda lamar. 
  • Pahami jobdesk dari posisi yang Anda lamar, Pengetahuan mengenai tugas dan tanggung jawab dari posisi yang Anda lamar juga bisa menjadi bahan untuk menjawab pertanyaan “kenapa kami harus menerima Anda?”.
  • Sampaikan hal-hal yang belum tercantum dalam CV, Jawab pertanyaan dengan tegas, singkat, efisien, dan percaya diri. Pastikan untuk tidak menyampaikan hal-hal yang sudah bisa pihak interviewer lihat dari CV yang Anda kirimkan. 
  • Sampaikan keunggulan yang membuat Anda berbeda dengan kandidat lain, saat menjawab pertanyaan “kenapa kami harus menerima Anda?” Anda bisa membuat kesan bahwa Anda memiliki kualifikasi yang terbaik dibandingkan dengan kandidat yang menjadi pesaing.
  • Buat jawaban yang beririsan antara Anda dan perusahaan, carilah titik tengah antara Anda dan perusahaan. Misalnya, posisi sosial media marketing membutuhkan orang seperti Anda yang menguasai pemahaman tentang digital bisnis dan selalu kreatif serta inovatif. 
  • Singgung tentang budaya perusahaan, cobalah sampaikan tentang gaya kerja Anda terlihat cocok dengan budaya perusahaan terkait.
Artikel Terkait  Kerja Remote: Pengertian, Ciri Khas, Cara Mencari, dan Pekerjaannya!

Contoh Jawaban “Kenapa Kami Harus Menerima Anda?”

Berikut adalah contoh jawaban “Kenapa kami harus menerima Anda? saat interview kerja!

Contoh 1:

“Terima kasih atas pertanyaannya. Saya percaya bahwa pengalaman saya di bidang teknologi, khususnya di bagian desain situs web, membuat saya cocok untuk posisi ini. Selain itu, saya juga memiliki kecakapan menjalani bidang ini selama bertahun-tahun. Hal ini terbukti dari beberapa pencapaian saya yang telah saya jelaskan pada CV. Saya percaya, bahwa saya mampu berkontribusi untuk perusahaan jika diberikan tanggung jawab diterima di posisi ini dan akan berusaha mencapai hasil yang memuaskan.”

Contoh 2:

“Terimakasih atas pertanyaannya. Saya percaya bahwa saya merupakan kandidat yang tepat untuk posisi ini, karena memiliki keterampilan dan pengalaman yang relevan.  Saya juga memiliki pengetahuan yang kuat dalam bidang copywriter dan social media specialist , dan saya siap untuk menerapkannya dalam peran ini di perusahaan yang Anda pimpin”.

Contoh 3: 

“Terima kasih atas pertanyaannya, saya merupakan seorang lulusan dari jurusan Manajemen. Meskipun belum punya pengalaman dalam bekerja, saat kuliah saya aktif dalam kegiatan BEM dan pernah mengikuti program magang di BUMN dengan posisi yang sama dengan jabatan yang saya lamar. Dengan pengalaman tersebut, saya sudah terbiasa dengan berbagai tugas dan tanggung jawab sebagaimana dalam deskripsi pekerjaan yang disampaikan sebelumnya walaupun cakupannya dalam lingkup kecil”. 

Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang tips dan strategi menjawab pertanyaan “Kenapa kami harus menerima Anda? lengkap dengan contoh jawaban yang memiliki potensi besar membuat interviewer terkesan. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat!


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *