Untuk Mendapatkan Dana Bantuan dari Pemerintah, Kamu Bisa Akses Website Prakerja secara Gratis!

kartu prakerja

Dana bantuan ini, bisa kamu dapatkan secara gratis dan cuma-cuma, dan sudah dibuka sejak beberapa tahun lalu. Terhitung sudah puluhan gelombang terbuka, untuk penduduk Indonesia yang menginginkan bantuan dengan kriteria penerima yang sudah ditentukan.

Enaknya dapat Prakerja, kamu bisa menambah skill yang berkaitan dengan pekerjaanmu, skill-mu, atau yang kamu inginkan, sekaligus dapat uang secara rutin. Bisa untuk usahamu, bisnismu, maupun kepentingan pribadimu yang lainnya. Jadi tidak sia-sia akan beberapa hal.

Yuk, simak!

Prakerja Sendiri itu Apa Sih?

Bagi yang belum tahu, prakerja itu adalah program dari pemerintah, yang mana memang untuk mengatasi atau meminimalisir pengangguran yang ada. Siapa tahu dengan edukasi yang diberi melalui pelatihan online, dan uang intensif setelah menyelesaikan pelatihan, bisa membantu kedepannya.

Program ini, memang fokus untuk pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan upgrade kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro maupun kecil.

Program ini, juga bisa diakses atau didaftar oleh para difabel. Difabel dianjurkan untuk mendaftarkan diri dan mengikuti Kartu Prakerja. Pastinya kita harus memenuhi kriteria, syarat, dan ketentuan yang berlaku. Dari situ kita bisa berpikir positif untuk diterima atau lolos seleksi.

Syarat Mendaftar

Syarat mendaftar Prakerja diantaranya:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dengan usia minimal 18 tahun ke atas.
  2. Tidak sedang mengikuti pendidikan secara formal.
  3. Memang sedang niat mencari kerja dan ingin menambah skill agar layak untuk diterima kerja secara offline atau membuka usaha sendiri.
  4. Bukan atau tidak sedang menerima bantuan sosial dari lembaga atau pihak lain selama Covid-19 (pandemi).
  5. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan atau Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD, yang mana semua pihak tersebut memiliki gaji tetap.
  6. Maksimal penerima Kartu Prakerja dibatasi 2 NIK dalam 1 KK (keluarga).
Artikel Terkait  Peluang Usaha Sampingan, untuk Pekerja di Bulan Ramadan

Langkah Pendaftaran

Berikut adalah langkah dalam pendaftaran:

  1. Buka website resmi dari Prakerja.
  2. Kemudian, lakukan pendaftaran dengan mendaftarkan identitas diri, berupa e-mail, NIK, nomor KK, hingga nomor HP yang masih aktif.
  3. Submit pendaftaran dan tunggu proses seleksi sampai selesai.
  4. Proses seleksi meliputi tes motivasi & kemampuan dasar dalam mengikuti seleksi gelombang dan tunggu pengumuman hasilnya.
  5. Jika lolos, maka kamu bisa memilih pelatihan sesuai keinginanmu. Dan jika sudah menyelesaikan pelatihan tersebut, maka ditransfer sampai pelatihan ke berapa secara berkala dan cuma-cuma.

Benefit Program Prakerja

Benefit program prakerja selain penjelasan di atas adalah mendapatkan sertifikat, dari pelatihan tersebut (yang kita pilih). Sebelumnya, untuk mendapatkan dana hasil pelatihan, maka kita perlu menyambungkan rekening atau e-wallet kita di salah satu mitra pembayaran yang ada.

Pembayaran secara intensif sebesar 600 ribu per bulan dan itu didapat selama 4 bulan dengan mengikuti pelatihan yang menghabiskan nominal yang ada (kuota harga yang bisa dipakai atau dihabiskan). Jangan lupa, melakukan survei evaluai agar mendapatkan uang 50 ribu selama 3 kali.

Tujuan dari program Prakerja selain di atas, adalah untuk memulihkan ekonomi secara nasional atau yang dikenal dengan PEN, lebih ke sektor perlindungan sosial. Dari program tersebut, pemerintah mengharapkan masyarakat bisa memanfaatkan hal tersebut.

Itulah program Prakerja yang perlu kamu ketahui, melalui kartu yang ada. Selain menambah biaya bantuan dalam hidupmu, juga mencerahkan hidupmu!


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *