Begini Cara Buat Absensi di Google Form

Cara buat absensi di Google form

Di era transformasi digital seperti sekarang, absensi online bisa menjadi alternatif paling efisien. Cara buat absensi di Google form menjadi pilihan yang paling mudah untuk pihak HRD untuk membuat pekerjaannya semakin efisien dan cepat. Dengan menggunakan Google form pemrosesan absensi karyawan bisa dilakukan dimana saja melalui gadget masing-masing dan hasilnya bisa secara otomatis diolah oleh pihak HRD dengan sederhana secara online. 

Berikut adalah cara buat absensi di Google form baik dengan pilihan jawaban atau multiple choice atau versi ceklis!

Cara Buat Absensi di Google Form dengan Pilihan Jawaban

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat absensi di Google form dengan pilihan jawaban!

  1. Buka Google Form pada device yang digunakan, baik melalui personal komputer atau smartphone.
  2. Setelah itu, klik fitur Blak atau ikon “+” untuk membuat formulir baru, dalam hal ini adalah formulir absensi karyawan.
  3. Kemudian, lengkapi judul dan deskripsi pada formulir sesuai dengan kebutuhan. Tulis judul pada bagian “Untitle form” dan tulis penjelasan tentang absensi pada bagian “Form description”.
  4. Ketika akan membuat kolom nama pegawai, pihak HRD bisa menulisnya pada bagian “untitled Question”. Pada bagian ini, pembuat absensi bisa mengaktifkan fitur wajib diisi dan mengatur validasi jawaban. 
  5. Kolom baru juga bisa dibuat dengan mengklik tombol “+” pada sisi kanan.
  6. Setelah itu, isi judul dari kolom dan buat sesuai yang dibutuhkan, gunakan fitur “Multiple Choice” yang terdapat pada sisi kanan untuk membuat nama hari pada jadwal. 
  7. Pastikan untuk menyediakan opsi pilihan hari dengan menambah jawaban pada fitur “Add Option”, misalnya hari senin, selasa, rabu, dan seterusnya.
  8. Isi kolom judul form yang tersedia di pojok kiri atas dan lanjutkan dengan mengklik tombol “Send” untuk membuat link absensi.
  9. Setelah itu akan muncul pilihan. Pihak HRD bisa langsung membagikan form ini ke email para pegawai ataupun membagi link-nya. Jika ingin dibagikan ke semua pegawai, maka klik icon share link.
  10. URL bisa diperpendek dengan menggunakan menu “Shorten URL”. Setelah itu klik tombol “Copy” dan absensi bisa langsung dibagikan. 
Artikel Terkait  Tips HRD Memecahkan Masalah Kinerja Karyawan

Cara Buat Absensi di Google Form dengan Versi Ceklis

Absensi di Google form juga bisa dibuat dengan versi ceklis, cara ini bisa diperuntukkan pada absensi yang dilengkapi dengan pilihan keterangan seperti sakit, izin, atau tidak masuk bekerja tanpa keterangan. Absensi tersebut bisa dibuat dengan langkah-langkah sebagai berikut!

  1. Pertama, ikuti langkah-langkah seperti cara buat absensi di Google form pada rangkaian cara buat absensi dengan pilihan jawaban. 
  2. Namun, untuk menampilkan menu ceklis pilih opsi “Checkbox Grid”.
  3. Isi baris dengan nama karyawan dan kolom dengan keterangan pada absensi yang tersedia. Pastikan untuk mengaktifkan fitur ini agar setiap baris bisa diisi. 
  4. Jika telah menyelesaikan proses ini, lanjutkan dengan klik tombol “Send” dan absensi ceklis bisa langsung dibagikan dengan mengklik menu “Bagikan link”.

Membuat absensi secara online dengan menggunakan Google form memang merupakan alternatif paling tepat untuk para HRD agar bisa mempermudah para pegawai atau karyawan yang bekerja dari mana saja secara mobile, selain praktis absensi online dengan Google form juga bisa secara otomatis memproduksi laporan hasil absen yang bisa langsung diolah sebagai acuan pemberian gaji dan insentif oleh HRD.

Nah, itu dia informasi lengkap tentang cara buat absensi di Google form. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat!


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *